Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wali Kota Ahmad Dahlan Bakal Serahkan Remisi 647 Warga Binaan di Lapas Barelang
Oleh : Gabriel P. Sara
Sabtu | 15-08-2015 | 14:44 WIB
maulana_lapas.jpg Honda-Batam
Maulana Lutfhianto selaku Kasi Binadik Lapas Klas IIA Barelang, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Ahmad Dahlan dijadwalkan bakal menyerahkan remisi kemerdekaan bagi 647 narapidana yang menghuni Lapas Klas IIA Barelang, Batam pada Senin (17/8/2015) menadatang.

"Penyerahan remisi dilakukan langsung kepala daerah," kata Maulana Lutfhianto selaku Kasi Binadik Lapas Klas IIA Barelang, Batam pada Sabtu (15/8/2015).

Lutfhianto mengatakan, rincian remisi di hari kemerdekaan tersebut, antara lain, Remisi Umum (RU) I sebanyak 365 orang dan RU II sebanyak 7 orang (langsung bebas), RU I PP99 sebanyak 109 orang dan RU II PP99 sebanyak 1 orang (langsung bebas), RU I PP28 sebanyak 153 orang dan RU II PP28 sebanyak 2 orang (langsung bebas).

"Ada juga yang namanya remisi Dasawarsa. Jadi, satu lagi  kabar  gembira yang luar biasa, pada hari raya kemerdekaan pada Senin 17 Agustus 2015 besok sebanyak 27 orang yang mendapatkan remisi langsung bebas. Dan sebanyak 27 orang yang akan bebas itu sudah finall. Itu kabar gembira buat kita,"jelas Lutfhianto.

Pada acara inti nantinya ada tiga sesion, yakni, pagi harinya mengikuti apel bersama, kemudian penyerahan remisi. Dan setelah penyerahan remisi, pihak lapas juga adakan pesta rakyat. 

"Jadi, acara tersebut untuk memeriahkan warga binaan yang ada di Lapas itu sendiri. Ya, mudah-mudahan acara ini berlangsung dengan baik dan banyak hikmah bagi kita semua," jelasnya.

Bagi warga binaan yang mendapatkan remisi langsung bebas, harap Lutfhianto, agar nantinya para warga binaan itu bisa kembali kepada masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum.

"Semua manusia pasti melakukan kesalahan. Jadi, bagi warga binaan nantinya yang bebas kita harap bisa kembali ke masyarakat dan menjadi lebih baik serta tidak melakukan kesalahan lagi," harap dia.

Editor: Dodo