Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

HNSI Batal Gelar Aksi di PT McDermott Indonesia
Oleh : Magid
Senin | 18-07-2011 | 10:25 WIB
hnsi.JPG Honda-Batam

Sejumlah nelayan saat mendatangi kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) beberapa waktu lalu.

BATAM, batamtoday - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) direncanakan akan menggelar aksi demontrasi di depan PT McDermott Indonesia, Batu Ampar, Senin, 18 Juli 2011. Hal ini dilakukan untuk menentang aksi penembakan beberapa anggota himpunan nelayan tersebut oleh petugas keamanan PT McDermott beberapa hari lalu.

Hanya saja, informasi yang diterima batamtoday, aksi tersebut dikabarkan batal. Meski hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari HNSI.

Sumber batamtoday di HNSI mengabarkan, aksi terpaksa harus dibatalkan, karena sesuatu alasan. Namun sumber tersebut belum mau mengungkapkan alasan yang dimaksud.

"Sepertinya memang batal bang, kita lihat perkembangan nantilah," ujar sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekuriti Perusahaan PT McDermott Indonesia dan oknum polisi menembaki penyelam besi tua yang tergabung dalam keanggotaan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) saat sedang menyelam mencari besi di lepas pantai perusahaan yang terletak di Batu Ampar itu, Kamis, 14 Juli 2011 sekitar pukul 09.00 WIB.

Para penyelam besi tua yang berasal dari Pulau Kasu dan Pulau Sarang ini menggunakan tujuh buah perahu mesin saat menyelam mencari besi di kawasan perusahaan McDermott dan jarak mereka mencari berkisar 20 meter dari bibir pantai sesuai kesepakatan antara HNSI dan pihak PT McDermott.

Namun tiba-tiba pihak sekuriti dan oknum kepolisian langsung memberikan tembakan ke udara ke arah penyelam besi tua, tanpa ada meberikan peringatan terlebih dahulu kepada para penyelam.

"Tiba-tiba saja sekuriti dan polisi mengeluarkan dua kali tembakan ke udara," ujar Daris, salah satu penyelam besi kepada wartawan di kantor HNSI Batam Centre.