Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perempat Final Copa America 2011

Tekuk Kolombia, Peru Melaju ke Semi Final
Oleh : sn
Minggu | 17-07-2011 | 16:48 WIB
peruk.jpg Honda-Batam

Selebrasi tim Peru usai membuat gol ke gawang melawan Kolombia. Foto: copaamerica2011live

CIUDAD DE CORDOBA, batamtoday - Tim nasional Peru mengalahkan timnas Kolombia, dengan skor 2-0. Pertandingan berjalan alot hingga waktu reguler 90 menit usai. Barulah di babak pertambahan waktu, Peru mampu menceploskan bola ke gawang Kolombia, di menit 102 dan 112.

Duel Kolombia versus Peru ini digelar di Estadion Mario Alberto Kempes, Cordoba, Minggu (17/7/2011) dinihari WIB.

Sejak pertandingan dimulai, baik Peru maupun Kolombia terkesan bermain hati-hati. Kolombia mengandalkan penyerangnya yang lagi naik daun di Eropa, Radamel Falcao.

Berkali-kali Kolombia menusuk lini tengah pertahanan Peru melalui umpan terobosan dan  umpan lambung dengan Falcao sebagai target namun selalu berakhir dengan kegagalan.

Peru menciptakan peluang di menit 20 namun tendangan Juan Vargas dari luar kotak penalti melebar di sisi kiri gawang kiper.Kolombia membalas dan hasilnya di menit 22 berganti Kolombia yang mengancam gawang peru, namun bola berhasil diamankan oleh bek lawan.

Menit 39, Falcao menyundul bola namun posisinya offside dan bolanya juga tak mengarah ke gawang. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.Pada babak kedua, kedua tim bermain lebih terbuka dan melakukan serangan gencar. Menit 49, serangan cepat Peru yang mengandalkan William Chiroque sejatinya dapat membuahkan gol andai Luis Martinez tak mampu menahannya.

Di menit 62, peluang didapat Dayro Moreno namun tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang Peru. Menit 66, Kolombia mendapat hadiah penalti karena Alberto Rodriguez mendorong Moreno setelah kehilangan bola dan wasit menunjuk titik putih. Tapi, Falcao gagal mengeksekusi penalti, tendangannya melebar. Skor tetap 0-0 hingga babak kedua berakhir.

Barulah, di babak pertambahan waktu pertama, menit 102, Peru membuka gol lewat tendangan keras Lobaton yang memanfaatkan kesalahan kiper dalam menepis bola. Sampai babak pertambahan waktu pertama usai, Peru tetap unggul 1-0. Di babak pertambahan waktu kedua, menit 112, Peru mencetak gol kedua dari kaki Juan Vargas.

Peru akhirnya menang 2-0 melawan Kolombia. Dengan begitu, Peru memastikan melaju ke semi final.

KOLOMBIA: Martinez; Zuniga, Yepes, Perea, Armero; Sanchez, Guarin, Aguilar, Moreno, Ramos; Falcao.
PERU: Libman, Acasiete, Vilchez, Carmona, Rodriguez; Vargas, Cruzado, Labonton, Balbin; Guerrero, Advincula.