Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahanan Kabur dari Rutan Barelang Sudah Jalani Operasi
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 07-08-2015 | 11:30 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Tongga Lola Putra, tahanan yang ditembak petugas Polisi pengawal karena kabur di Rutan Barelang telah menjalani operasi di RSBP Batam, Sekupang. Namun biaya perobatan terdakwa narkoba tersebut masih dalam pembahasan.

Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Batam, M. Ali Akbar mengatakan kondisi Tongga pasca-operasi sudah mulai membaik namun masih mendapat perawatan intensif.

"Kondisinya baik, masih di rumah sakit," kata Ali Akbar kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (7/8/2015).

Sedangkan untuk biaya pengobatan tahanan yang kabur setelah merusak borgol dengan kawat tersebut, ia belum bisa memastikan mengingat status Tongga sebagai tahanan Pengadilan Negeri Batam setelah dilimpahkan untuk persidangan.

"Untuk biaya nanti dulu, yang penting dia sehat dulu," ujar Ali Akbar singkat.

Sementara, Cahyono, Humas Pengadilan Negeri Batam yag dikonfirmasi terpisah juga belum mau berkomentar terkait biaya perobatan Tongga.

"Untuk itu coba tanya ke Kejaksaan saja Pak, infonya lebih lengkap," ujar Cahyono.

Sebelumnya, seorang tahanan Kejaksaan Negeri Batam dilaporkan berhasil melarikan diri dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Barelang pada Senin (3/8/2015) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Tahanan yang diketahui bernama Tongga Lola Putra itu sebelumnya baru saja menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Batam.

Informasi yang dihimpun, Tongga Lola Putra merupakan terdakwa kasus narkoba. Siangnya dia menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Batam dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

Selepas itu, Tongga Lola bersama tahanan lainnya yang usai menjalani persidangan dibawa menggunakan mobil tahanan kembali ke Rutan Barelang. Namun diduga, rencana pelarian itu telah disusun setelah mencermati prosedur pengangkutan tahanan dari rutan ke pengadilan.

Begitu turun dari mobil, Ia langsung mengambil langkah seribu. Namun apes baginya, petugas kepolisian dan petugas kejaksaan yang mengawal tahanan langsung memburu. Turanggo berhasil ditangkap kembali setelah sebutir timah panas mengenainya. 

Informasi di lapangan, peluru itu mengenai punggung tahanan tersebut. Saat ini tahanan tersebut sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

Editor: Dodo