Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pria Ini Dipolisikan Gara-gara Bawa Kabur Anak di Bawah Umur
Oleh : Gabriel P. Sara
Kamis | 18-06-2015 | 15:48 WIB
polsek-sagulung-baru.gif Honda-Batam
 Mapolsek Sagulung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ri (19), harus meringkuk di sel tahanan Mapolsek Sagulung setelah dilaporkan oleh Mulani yang tak terima anaknya berinisial Ys (16) dibawa kabur selama empat hari oleh pria itu. 

Mulani yang emosi dengan tingkah Ri membawa kabur Ys terlihat geram di Mapolsek Sagulung. "Kalau anaknya ini (Ri-red) saya kenal. Soalnya ibu dia itu dulu bertetangga dengan kami. Tapi sekarang sudah pindah mareka. Eh, tahu-tahunya anak saya dibawa kabur sama dia. Kan kurang ajar. Kalau berdamai tak akan mungkin. Jadi penjarakan saja dia itu," kata Mulani emosi, Kamis (18/6/2015).

Diceritakan Mulani, Ys sendiri tidak pulang ke rumah sejak hari Minggu (14/6/2015). Namun, sebelum pergi, Ys sempat meminta izin untuk menonton konser bersama rekan-rekannya di kawasan SP Plaza, Tembesi. Saat meminta izin, Mulani sama sekali tidak merasa curiga.

"Saya iya-iya aja. Soalnya dia (Ys) izin pergi nonton konser bersama teman-temannya di SP Plaza. Izinnya sore dan pulang malam.  Jadi saya izinin. Eh tahu-tahunya pergi sama si Ri. Empat hari tak pulang-pulang," jelasnya.

Setelah larut malam melihat Ys tak kunjung pulang ke rumah, Mulani pun mulai merasa khawatir dengan keberadaan anaknya tersebut. Mulani mulai panik dan ketakutan saat mendengar kabar kalau Ys tidak bersama teman-temannya. 

Ia terus mencoba mencari keberadaan Ys. Namun, tadi pagi baru ia mendapati kabar dari salah satu rekan Ys memberitahukan kalau Ys tinggal bersama Ri di Seilekop, Sagulung.

"Pagi-pagi dengar informasinya. Kalau anak saya sama si Ri ini. Kami langsung ke sana, ke rumah Ri. Sampai sana, Ri ini mengelah kalau anak saya tidak di rumahnnya. Tapi saya tetap yakin anak saya ada dalam rumah itu," ujar Mulani.

Untuk memastikan apakah Ys ada atau tidak, Mulani bersama keluarganya langsung menggeledah rumah Ri itu dan setelah diperiksa, ternyata Ys benar berada dan menginap selama empat hari di kediaman Ri.

Saat berada di Polsek Sagulung, Ys mengakui, kalau dia bersama Ri sudah lama berpacaran. Namun, selama berpacaran, ia bersama Ri tidak pernah melakukan hal-hal yang aneh. 

"Kami habis nonton konser. Mau pulang, tapi terlalu larut malam. Makanya saya nginap di rumah dia (Ri, red). Lagian di sana kami ga ngapain-ngapain bang. Ri tidur sama saya aja tidur beda kamar. Lagian di sana juga ada orang tua dan saudarinya, bang," kata Ys.

Begitupun dengan pengakuan Ri, usai nonton konser, karena sudah larut malam, ia tidak berani mengantar pulang Ys ke rumahnya yang terletak di kawasan Ruli TPI, Batuaji. 

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Afrizal saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pelaku sendiri sudah di tahan. Untuk menindaklanjutinya, pihaknya masih menunggu hasil visum. 

Editor: Dodo