Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siap-siap! PPDB di Batam Dilaksanakan 22-25 Juni 2015
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 11-06-2015 | 13:28 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam sudah menetapkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dilaksanakan pada 22-25 Juni mendatang. Kemudian akan diseleksi tanggal 27 Juni dan diumumkannya pada 29 Juni 2015.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan sudah memerintahkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dalam masa penerimaan siswa baru tahun ini.

Karena, menurutnya ada ketidakseimbangan antara penyediaan infrastruktur pendidikan dengan jumlah anak usia wajib belajar.

“Tingkat orang berkunjung ke Batam cukup tinggi, angka kelahiran juga cukup tinggi, sedangkan daya tampung sekolah tidak berbanding lurus dengan angka wajib sekolah,” kata Dahlan, Kamis (11/6/2015).

Dengan alasan itu Dahlan mengatakan untuk mengatasi kekurangan ruang belajar Pemko Batam hanya memprioritaskan anak di atas 7 tahun untuk diterima di sekolah dasar.

"Karena anak usia di bawah 7 tahun belum menjadi urusan wajib pemerintah, meskipun banyak juga anak usia kurang dari 7 tahun yang sudah tamat pendidikan taman kanak-kanak," katanya

Upaya lain adalah dengan terus menambah jumlah sekolah baru, ruang belajar baru, dan juga menambah shift belajar di beberapa sekolah.

Tapi untuk yang shift, ia katakan maksimal hanya dua shift saja, tidak boleh sampai tiga shift apalagi sampai malam.

Editor: Dodo