Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

87 Imigran Asal Srilanka Ditangkap di Perairan Bintan
Oleh : Charles / Magid
Minggu | 10-07-2011 | 16:04 WIB
Imigran121009-1-590x339.jpg Honda-Batam

Imigran asal Srilanka, yang diamankan Oktober 2010 lalu.(Foto: Doc batamtoday)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kapal Patroli Antasena 509 berhasil mengamankan sebanyak 87 imigran gelap asal Srilanka di perairan Laut Desa Berakit, Kabupaten Bintan. Kini kapal berikut keseluruhan Imigran gelap di bawa ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

Dari informasi yang dihimpun batamtoday, Minggu, 10 Juli 2011, sebanyak 87 imigran gelap, sejak beberapa jam yang lalu mulai diperiksa. Setidaknya sudah 4 imigran yang menjalani pemeriksaan. Mereka mengakui, jika negara tujuan akhir bukanlah Indonesia, melainkan Kanada.

Salah seorang sumber batamtoday, menyebutkan, para imigran merupakan pelarian dari Srilanka yang ingin mencari suaka di Kanada, lantaran negerinya dilanda perang saudara. Negara yang tidak jauh dari India dan Maladewa itu hari ini diguncang perselisihan pemerintah dan pemberontak Macan Tamil.

"Mereka mau ke Kanada, itu pengakuan dari 4 orang yang sudah diperiksa," ujar sumber batamtoday yang enggan disebutkan namanya.

Menurut sumber tersebut, Polisi terpaksa melakukan pemeriksaan di atas kapal, pasalnya keseluruhan imigran yang diamankan tersebut menolak dibawa ke darat sebelum Internasional Organisation of Migration (IOM) mendampingi.

"Mereka tidak mau diperiksa di darat sebelum didampingi IOM," ujar sumber itu lagi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Kepolisian. Sejumlah anggota kapal Patroli Antasena yang coba dihubungi batamtoday, menolak dikonfirmasi.