Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Copa America 2011

Gol Fred Selamatkan Muka Brasil Dari Kekalahan
Oleh : Hendra Zaimi
Minggu | 10-07-2011 | 11:01 WIB

CORDOBA, batamtoday - Gol balasan dari Fred pada menit-menit akhir babak kedua menyelamatkan muka Brasil dari kekalahan saat bertemu Paraguay dalam pertandingan kedua Grup B Copa America yang digelar di Estadio Mario Kempes, Minggu, 10 Juli 2011. Brasil hanya bisa bermain imbang 2-2 dan belum meraih kemenangan dalam hajatan yang digelar di Argentina.

Hasil imbang ini menjadikan kedua tim masing-masing mengoleksi angka dua, dengan Paraguay berada di puncak Grup B dan Brasil satu strip di bawah mereka. Sedangkan pucuk pimpinan klasemen dipegang tim gurem Venezuela setelah berhasil meraih kemenangan atas Ecuador dengan skor 1-0.

Tridente maut Alexandre Pato, Neymar dan Jadson yang diturunkan pelatih Brasil, Mano Menezes tidak mampu memberikan tekanan maksimal pada tim Paraguay. Jadson berhasil merobek jala Paraguay di menit ke-38. Bekerja sama dengan Ganso, Jadson tanpa ampun menghajar bola dari luar kotak penalti tanpa bisa dihalau kiper lawan. Skor 1-0 bertahan hingga peluit babak pertama berakhir.

Usai jeda, momentum pun datang bagi Paraguay untuk menyamakan sekaligus membalikkan keadaan. Pada menit ke-55, Santa Cruz membobol gawang kiper Julio Cesar setelah menerima umpan terarah Marcelo Estigarribia di sisi kiri.

Setelah membuat skor imbang, Paraguay memasukan pemain pengganti, Valdez, untuk menggantikan Lucas Barrios justru menjadi berkah bagi Paraguay. Paraguay berbalik memimpin lagav dan pada menit 67 berawal dari kesalahan Dani Alves dalam membaca gerakan lawan memudahkan Santa Cruz untuk mengumpan kepada Valdez, dan dengan mudah Valdez menciptakan gol dan skor 2-1 untuk keunggulan Paraguay.

Tertinggal 1-2 membuat pelatih Brasil mengubah strategi permainan, Fred dimasukan untuk menambah daya serangan tim Samba. Satu menit menuju berakhirnya waktu normal, Fred membuyarkan kemenangan  Paraguay berkat golnya memanfaatkan umpan dari Ganso, Fred menyelesaikannya dengan bagus dan membuat skor pun menjadi sama kuat 2-2 hingga pertandingan usai.