Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Citilink Masih Jual Tiket Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Jum'at | 22-05-2015 | 14:12 WIB
penumpang beli tiket citilink.jpg Honda-Batam
Salah satu calon penumpang Citlink saat membayar tiket di Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (22/5/2015). (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Janji pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk membersihkan konter-konter penjualan tiket di lokasi bandara mulai 3 Mei 2015, belum terbukti. Maskapai Penerbangan Citilink pada Jumat (22/5/2015) terpantau masih menjual tiket di lokasi bandara.

Padahal, sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan HK 209/1/1/16/PHP.2014, mulai 1 Januari 2015 maskapai penerbangan dilarang menjual tiket dalam kawasan bandara.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, tepatnya di sisi kanan pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, konter maskapai Citilink belum terpasang stiker pusat informasi. Bahkan di konter anak perusahaan Garuda Indonesia itu masih menjual tiket dengan bebas.

Sementara di sebalah kiri pintu keberangkatan konter maskapai Lion Air Group (Lion Air, Batik, Malindo dan Wings) sudah terpasang stiker pusat informasi. Namun pencantuman papan informasi tersebut diduga hanya kedok pihak maskapai bersangkutan untuk mengalihkan perhatian orang atau pihak yang memantau. Tiket diduga masih dijual bebas di loket tersebut.

Kemudian, di samping konter Lion Air Group ditengarai sebagai tempat titik kumpul calo tiket yang sudah bekerja sama dengan pihak maskapai dengan harga jual tiket lebih besar dibanding penjualan di konter.

Staf penjaga konter Citilink membenarkan jika masih melakukan penjualan tiket di bandara. "Iya, kami masih menjual tiket. Kalau bapak mau konfirmasi ke Pak Hendra (Distrik Manager Citilink Indonesia Batam, red) aja," kata staf penjual tiket di konter Citilink di Hang Nadim yang tidak  bersedia menyebutkan namanya kepada BATAMTODAY.COM, Jumat siang.

Hendra yang dikonfirmasi juga tak membantah. "Masih, Mas, sambil menunggu renovasi kantor di Batam. Semuanya (maskapai) juga masih (jual tiket). Kalau (renovasi selesai) mungkin pindah," kata Hendra melalui pesan singkat.

Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Swarso, yang bersedia menjawab konfirmasi. (*)

Editor: Roelan