Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disperindag Belum Temukan Peredaran Beras 'Palsu' di Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 22-05-2015 | 13:10 WIB
amsakar-ahmad.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM), Amsakar Achmad

BATAMTODAY.COM, Batam - Adanya dugaan beras palsu yang marak di Indonesia menjadi perhatian yang serius bagi Pemerintah pusat ataupun daerah termasuk juga Batam.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM), Amsakar Achmad menegaskan belum ditemukan dugaan beras plastik itu beredar di Batam. Akan tetapi ia memberikan tips kepada masyarakat untuk membedakan beras asli dengan beras palsu dari Tiongkok tersebut.

"Yang pertama warnanya agak kemuningan, terus bentuknya juga beda. Kalau beras asli kan seperti ada matanya tapi kalau palsu bentuknya kotak," kata Amsakar Achmad, Jumat (22/5/2015).

Lanjut Amsakar jelaskan cara membedakannya yaitu jika beras palsu itu dibersihkan dengan air dan pas diangkat kesannya beras tersebut tidak basah kemudian jika dimasak agak lengket.

Amsakar juga katakan pihaknya sudah berkordinasi dengan distributor beras yang ada di Batam, ia juga sudah memberikan pesan kepada para distributor untuk segera melapor jika menemui ciri-ciri beras yang sudah disebutkan.

"Distributor yang sudah kita datangi kemarin diantarannya PT Mitra Mandiri, PT Setia Kharisma,  CV Five Brother, PT Mitra Abadi Kiat Perkasa (MAKP)," kata dia.

Selain berkoordinasi dengan para distributor katanya pihaknya juga berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait seperti Bulog, pemilik mini market, Balai POM, dan juga Kepolisian.

Dalam mingggu ini, dia katakan Disperindag sudah melakukan sidak selama dua hari kemudian akan dilanjutkan pekan depan pada hari, Selasa, Rabu dan Kamis.

Editor: Dodo