Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Gerakan Mahasiswa Perlu Direorientasi
Oleh : Hadli
Kamis | 21-05-2015 | 16:24 WIB
diskusi_unrika.jpg Honda-Batam
H.M. Zaenuddin, Seketaris Pengurus Wilayah Nadatul Ulama (PWNU) Kepri saat memberikan materi daalam raangka memperingati hari Kebangkitan Nasional di Aula Unrika.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bersempena dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-107, Simpul Jaringan Mahasiswa Kepri bersama HMI Cabang Batam, PMII cabang Batam, BEM Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (Unrika)  mengadakan seminar dengan tajuk Reaktualisasi Nilai Hari Kebangkitan Nasional Bagi Generasi Muda. 

Seminar yang diadakan di Aula Unrika  di Batuaji, Batam pada Rabu (20/5/2015) sekitar pukul 20.00 WIB ini, menghadirkan narasumber dari akademisi, kepemudaan, kemahasiswaan dengan dihadiri sekitar 150 orang peserta. 

Koordinator Simpul Jaringan Mahasiswa Kepri, Bambang Heri menyampaikan, seminar ini bertujuan untuk menanam rasa nasionalisme generasi muda dalam proses yang mendalam untuk bangsa dalam bernegara. 

"Diskusi yang berbau nuansa intelektual ini sangat penting untuk menempuh sumber daya manusia dan rasa nasionalisme pada diri mahasiswa," katanya. 

H.M. Zaenuddin, Sekretaris Pengurus Wilayah Nadatul Ulama (PWNU) Kepri mengatakan, perlunya reorientasi bagi gerakan mahasiswa untuk membangkitkan rasa jiwa nasionalisme. 

"Rasa nasionalisme di tubuh pemuda harus ditanamkan sejak dini agar kedepan generasi muda dapat terlibat secara proaktif dalam pembangunan Kota Batam," ujar Dosen Politeknik Batam ini. 

Sementara itu menurut Iswandi, utusan KNPI Kota Batam siap memfasilitasi dan koordinasikan kegiatan-kegiatan mahasiswa untuk kemajuan bersama dalam menyatukan visi dan misi kepumudaan dan kemahasiswan jujur dan intelektual. 

Seyogyanya acara ini juga dihadiri Ade P. Nasution, pembantu Rektor I Unrika, namun berhalangan hadir karena kepentingan akademis di Jakarta. Ratusan mahasiswa ini sangat antusias mengdiri seminar dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional. 

Pandangan Andre, Ketum HMI Cabang Batam, perlunya kegiatan seperti ini dilakukan dalam hal konsolidasi dan membangkitkan semangat patrionalisme. 

Sedangkan Tongku April, Ketua PMII cabang Batam mengatakan, mahasiswa atau pemuda sebagai agen of social control harus memiliki sumberdaya yang mumpuni dan memiliki rasa kebangsaan yang kental.‎

Editor: Dodo