Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Gunakan Tas Ransel dan Jasa Porter

KKP Amankan Puluhan Botol Miras di Pelabuhan Sekupang Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 21-05-2015 | 08:11 WIB
KKP_Sekupang_amankan_miras.jpg Honda-Batam
Puluhan botol miras berbagai merek yang berhasil diamankan petugas KKP Sekupang. (FotoL Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sekupang mengamankan 89 botol minuman keras (miras) dengan kadar alkohol tinggi senilai puluhan juta rupiah di Pelabuhan Beton Sekupang (PBS), Rabu (20/05/2015) sekitar pukul 17.00 WIB. Puluhan botol miras itu diamankan dari 11 tas ransel saat KM Kelud tiba di dermaga.

Miras merek Black Label, Gordon's, dan Bacardi Jacob's Creek itu diamankan di tempat yang berbeda. "Mereka para penyelundup banyak modusnya untuk mengelabui petugas, apalagi barang miras tidak melalui x-ray," ujar Kapolsek KKP Sekupang, Iptu Sanchez Sebayang.

Dia menjelaskan, sejumlah pelaku membawa puluhan botol miras itu dengan menggunakan tas ransel sehingga seolah-olah tidak terindikasi membawa miras. Selanjutnya, mereka meletakkan barangnya di dermaga.

Saat penumpang turun dari kapal KM Kelud itulah para penyelundup langsung memasukkan miras tersebut ke kapal. Agar tidak ketahuan, para pelaku menggunakan jasa porter.

"Mereka ini tidak menggunakan kardus lagi, sekarang pakai tas ransel. Mereka itu memasukkan barang ke kapal ketika penumpang turun, tapi menggunakan jasa porter," jelas Sanchez.

Namun demikin meskipun cuaca di PDS diguyur hujan, petugas KKP tetap melakukan pengecekan barang yang tengah masuk dalam kapal. "Petugas tetap kita siagakan di pintu masuk dan keluar. Jadi, barang yang hendak masuk langsung kita tahan," ujarnya. (*)

Editor: Roelan