Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Melayu Gemstone Buka Pameran dan Kontes Batu Akik di Tanjunguban
Oleh : Harjo
Senin | 18-05-2015 | 19:53 WIB
kontes batu akik tguban.jpg Honda-Batam
Camat Bintan Utara, Hasfi Handra, dan Kapolsek Bintan Utara, Kompol Joko Priyanti, saat melihat batu akik laksamana bintan. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Puluhan pengusaha batu akik mengikuti pameran dan kontes batu akik yang diselenggarakan oleh Melayu Gemstone Tanjunguban di Gedung Nasional (GN) Tanjunguban.

"Pameran dan kontes ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Bintan. Tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan sesama pelaku usaha dan pencinta batu akik. Selain itu untuk lebih memberdayakan hasil kekayaaan alam yang dimiliki baik dari Bintan dan seluruh penjuru Nusantara," ujar Alfeni Harmi, panitia, kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Senin (18/5/2015).

Alfeni menjelaskan, pelaksanaan pameran batu akik diselenggarakan selama enam hari terhitung sejak hari ini hingga 23 Mei mendatang. Sementara untuk kontes akan dilaksanakan pada hari keenam pelaksanaan pameran.

"Hingga dibukanya pameran, sedikitnya sudah ada 20 peserta pelaku usaha batu akik baik dari Bintan Utara dan sekitarnya sudah mengambnil tempat di stand yang sudah disediakan panitia," katanya.

Adapun kategori batu akik yang akan diperlombakan dalam kontes di antaranya, bacan small dan big. Selain itu akik gambar hewan, pemandangan dan manusia, serta calsedon dan indokres.

Untuk pendaftaran batu yang akan diikuitkan dalam kontes, sejak di buka pameran peserta sudah bisa mendaftarkan diri kepada panitia. Namun penilain akan dilakukan di akhir pameran.

"Dalam kesempatan ini juga salah satu pelaku usaha memperkenalkan batu akik asli Bintan yang diberi nama 'laksamana bintan'. Untuk batu akik laksamana bintan seberat 8 kg d banderol Rp200 juta, sementara batu akik  bergambar keris  banderol Rp100 juta," ujarnya.

Sementara itu Hasfi Handra, Camat Bintan Utara, dalam kesempatan tersebut  memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pameran dan kontes batu akik yang dilaksanakan untuk pertama kalinya di Bintan.

"Kita memberikan apresiasi kepada seluruh pelaku usaha atau penjual batu akik yang telah mendaftarkan diri dalam kegiatan ini. Kita yakini dengan adanya acara ini, akan mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari seluruh elemen masyarakat," katanya. (*)

Editor: Roelan