Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Copa America 2011

Hajar Bolivia, Kosta Rika Salip Argentina
Oleh : Hendra Zaimi
Jum'at | 08-07-2011 | 09:48 WIB

SAN SALVADOR DE JUJUY, batamtoday - Kosta Rika berhasil menghempaskan Bolivia dengan skor 2-0 dalam lanjutan pertandingan di Grup A Copa America 2011 yang mainkan di Estadio 23 de Agosto, Jumat, 8 Juli 2011. Penampilan Kosta Rika cukup menarik perhatian publik sepakbola Amerika Selatan meski berpartisipasi sebagai tim undangan menggantikan Jepang yang mengundurkan diri.

Walaupun takluk dari Kolombia di laga pertama dengan diwarnai kartu merah bagi, Kosta Rika langsung bangkit pada partai berikut dan mendapatkan hasil positif dalam lanjutan perjalanan di Grup A melawan Bolivia, meskipun berhasil menahan seri Argentina di awal kompetisi, Juan Carlo Arce dibuat tidak berdaya dan menyerah 0-2.

Kosta Rika bisa menambah pundi-pundi gol lebih besar, penampilan yang menarik ditunjukan anak asuh Ricardo La Volpe dalam pertandingan yang dimainan di Kota Jujuy ini. Walaupun suporter dipadati oleh pendukung Bolivia, tetapi tidak membuat takut bagi Oscar Duarte Cs.

Babak I, permainan langsung dikuasai oleh tim Kosta Rika dengan mendapatkan peluang emas di menit 28, namun sundulan dri striker masih bisa diblok pemain bertahan Bolivia, Ronald Raldes. Kesempatan kembali datang buat Kosta Rika. Sayang, sodoran terukur Campbell mentah karena sentuhan pertama Diego Madrigal yang buruk walaupun ia sudah dalam posisi one on one dengan Carlos Arias, kiper Bolivia.

Usai jeda, keunggulan akhirnya dibuka Kosta Rika di menit ke-59. Pergerakan Allen Guevarra mengelabui Raldes diakhiri sepakan yang masih sanggup dimentahkan Arias, tapi Martinez dengan cepat mencocor bola muntah.

Lima menit kemudian, Kosta Rika nyaris menggandakan skor lewat tendangan bebas Campbell, tapi eksekusi sang striker masih membentur mistar. Ticos dihadiahi penalti di menit ke-70 atas handball Ronald Rivero di kotak terlarang, yang juga diganjar kartu kuning kedua oleh wasit.

Namun peluang emas ini gagal dimaksimalkan Kosta Rika karena kecemerlangan Arias yang dua kali memblok sepakan Guevarra dari titik 12 pas juga tendangan rebound-nya. Keadaan semakin sulit buat Bolivia, yang harus bermain dengan sembilan pemain di 13 menit akhir menyusul kartu merah langsung untuk Walter Flores yang melakukan pelanggaran keras pada Campbell.

Joel Campbell berhasil mengoyak gawang Bolivia pada menit 79 dengan menaklukkan Arias setelah menerima umpan terobosan Heiner Mora. Angka penuh dari laga ini mengangkat Kosta Rika ke kursi runner-up sementara Grup A di atas Argentina, tim tuan rumah yang bakal mereka hadapi di matchday pamungkas fase penyisihan pada 11 Juli.