Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diperiksa Penyidik Polresta Barelang

Dahlan Sebut Pemeriksaan Gustian Riau sebagai Saksi Ahli Kasus Gelper Berbau Judi
Oleh : Roni Ginting
Senin | 20-04-2015 | 18:12 WIB
ahmad_dahlan_batik.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, mengatakan, pemeriksaan Gustian Riau, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP), oleh penyidik Polresta Barelang belum lama ini hanya sebatas dimintai keterangan sebagai saksi ahli.

"Saya mengetahui dia (Gustian Riau) diperiksa di Polres, tapi sebagai saksi ahli," kata Dahlan, Senin (20/4/2015) usai mengikuti rapat paripurna di kantor DPRD Batam.

Saat ditanya apakah Pemko akan memberikan bantuan hukum kepada Gustian Riau, dijawab diplomatis oleh Dahlan. Ia mengatakan bahwa iZin yang dikeluarkan adalah gelanggang permainan elektronik (gelper) yang sesuai dengan ketentuan.

"Izin yang dikeluarkan bukan judi. Kalau sesuai ketentuan itu bukan judi, itu sesuai peraturan pemerintah," terang Dahlan.

Sebelumnya, Kepala BPM-PTSP Batam, Gustian Riau, akhirnya memenuhi panggilan penyidik di Mapolresta Barelang untuk diperiksa terkait perizinan lokasi-lokasi gelper yang belakangan ditemukan unsur perjudiannya, Jumat (17/4/2015). Didampingi seorang stafnya, Gustian Riau tiba sekitar pukul 07.30 WIB dan langsung masuk ke ruang Unit I Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang untuk menjalani pemeriksaan.

Pantauan di lokasi, pemeriksaan tersebut berlangsung sekitar 3,5 jam, dan pukul 11.00 WIB, Gustian baru keluar dari ruangan.

Ditemui di lobi Mapolresta Barelang, Gustian Riau mengaku, pemanggilan terhadap dirinya tersebut untuk dimintai keterangan sebagai saksi. "Ada salah satu lokasi gelper yang digerebek dan terindikasi ada judinya. Kita dipanggil hanya untuk saksi, tidak lebih," kata Gustian, Jumat siang.

Dalam pemeriksaan itu, 16 pertanyaan dari penyidik dilayangkan kepadanya. Namun Gustian mengatakan, pertanyaan itu masih seputar siapa dirinya dan apa peran institusinya. "Intinya belum, nanti hari Selasa saya ke sini lagi," tuturnya.

Gustian juga mengaku mendukung tindakan tegas yang dilakukan kepolisian untuk lokasi-lokasi yang ditemukan perjudian. "Kita juga melakukan patroli untuk memantau lokasi-lokasi yang menyalahi aturan," tambahnya. (*)

Editor: Roelan