Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Disengaja, Lahan di Bandara Hang Nadim Terbakar
Oleh : Hadli
Kamis | 16-04-2015 | 15:55 WIB
LAHAN_HANG_NADIM_TERBAKAR.jpg Honda-Batam
Lahan di Bandara Hang Nadim yang terbakar. (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semak belukar di lahan Bandara Internasional Hang Nadim Batam persisnya di depan rumah susun (rusun) BP Batam, Kabil, terbakar pada Kamis (16/4/2015) siang. Diduga, kebakaran itu disengaja oleh pihak yang ingin memanfaatkan lahan itu untuk berkebun.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, sekitar pukul 14.00 WIB api mulai menjalar menghanguskan semak belukar di lokasi. Saat itu tidak terlihat adanya petugas pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan api.

Roni, warga sekitar, mengatakan, lahan tersebut sengaja dibakar oleh warga yang akan memanfaatkan lahan puluhan hektar terebut untuk berkebun. Lahan bergambut itu sangat cocok untuk dijadikan perkebunan.

"Sama dengan lahan sebelahnya yang terbakar tahun 2014 lalu. Coba lihat sekarang, dimanfaatkan untuk berkebun oleh masyarakat," jelas Roni.

Puluhan hektar lahan gambut yang telah digunakan untuk bercocok tanam sayuran, jagung, kacang pajang dan sejenisnya ketika hutan semak belukar terbakar dahulu itu sempat dipadamkan petugas pemadam kebaran.

"Tapi sekarang sudah menjadi kebun, tidak pernah mendapat perhatian dari petugas Ditpam BP Batam sebagai pemilik lahan yang mengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam," katanya.

Hingga 15.36 WIB, api terus menjalar menghanguskan rerumputan di lahan tersebut. Namun menjalar tidak langsung keseluruhan, tapi api menjalar perlahan. (*)

Editor: Roelan