Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Perampingan SOTK

Jamaludin: Karimun Butuh Kinerja, Bukan Banyaknya Dinas dan Badan
Oleh : Alrion/Dodo
Selasa | 05-07-2011 | 14:53 WIB
Jamaludin-SH.gif Honda-Batam

Jamaluddin, anggota DRPD Karimun dari Fraksi PDI Perjuangan. (Foto: Alrion)

KARIMUN, batamtoday - Angggota DPRD Kabupaten Karimun dari Fraksi PDI Perjuangan, Jamaluddin menyambut baik rencana Bupati Karimun, Nurdin Basirun yang akan melakukan perampingan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) dengan melebur beberapa badan atau dinas menjadi satu.

Menurut Jamaluddin langkah peleburan dan perampingan SOTK ini dapat membuat keuangan Kabupaten Karimun menjadi lebih efisien.

"Yang diperlukan adalah kinerja, bukan banyaknya dinas ataupun badan di daerah," kata Jamaluddin kepada batamtoday, Selasa, 5 Juli 2011.

Hal serupa juga disampaikan Bakti Lubis dari Fraksi Hanura yang menilai suksesnya suatu pemerintahan bukannya karena banyak dinas atau badan, tetapi bagaimana meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan meningkatkan pembangunan daerah.

"Kita harus belajar dari Kabupaten lain seperti Jembrana di Bali yang dinas dan badannya hanya 7 saja," kata Bakti.

Untuk membuat perubahan SOTK ini, DPRD Karimun membentuk panja SOTK yang membahas perda SOTK serta menentukan badan dan dinas mana yang akan digabungkan menjadi satu.

Sebelumnya, Bupati Karimun Nurdin Basirun memberikan penjelasan pada anggota DPRD Karimun tentang perubahan SOTK di Kabupaten Karimun pada Sidang Paripurna DPRD Karimun.

Menurut Nurdin perubahan SOTK dilakukan bukan karena ada kepentingan pihak lain, tetapi karena kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, serta melakukan perampingan badan dan dinas untuk efesiensi anggaran.