Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soerya Respationo Kembali Terpilih Pimpin PDI Perjuangan Kepri
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 12-03-2015 | 12:00 WIB
konferda_pdip.jpg Honda-Batam
Soerya Respationo menerima ucapan selamat usai terpilih kembali memimpin PDI Perjuangan Kepri. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Soerya Respationo, kembali terpilih menjadi ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDI Perjuangan masa bakti 2015-2020 berdasarkan hasil Konferensi Daerah (Konferda) DPD PDIP Provinsi Kepri yang dilangsungkan di Hotel Harmoni One, Rabu (11/3/2015).

Konferda kali ini bisa dicatat sebagai Konferda tercepat se-Indonesia karena hanya dalam tempo dua menit, seluruh peserta memilih Soerya kembali menjadi ketua DPD.

Selain itu, usai ditetapkan sebagai ketua terpilih, Soerya juga langsung mengumumkan susunan kepengurusan DPD. Pimpinan sidang Konferda I Made Urip dari DPP PDIP pun mengaku kagum dengan kompaknya PDIP Kepri ini.

"Seumur-umur saya memimpin Konferda di Indonesia, baru kali ini Konferda pemilihan ketua serta penyusunan pengurus berlangsung secepat ini," katanya disambut dengan tepuk tangan peserta.

Kepada kepengurusan yang baru, Urip meminta agar tetap menjaga kekompakannya. Sebab dengan kompaknya para pengurus 50 persen kesuksesan organisasi sudah tercapai.

"Asas kolektifitas ini harus dikedepankan. Saya yakin dengan trio KSB (ketua, sekretaris dan bendahara) hal ini tercapai melihat solidnya kepengurusan ini," katanya.

Ia juga meminta para pengurus segera menggelar rapat kerja diperluas. Nantinya rapat ini diharapkan akan menelorkan pokok pikiran yang akan dibawa ke Kongres April mendatang.

Sementara itu, Ketua DPD PDIPKepri terpilih Soerya Respationo mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan para peserta konferda.

"Kepada seluruh keluar besar PDIP Kepri, Saya mohon doa restu dan dukungan dari seluruh rekan-rekan DPC. Apabila kami disupport tidak ada yang berat. Jika tidak, sehebat apapun kami, pasti berat," kata Soerya.

Sedangkan untuk susunan kepengurusan, dia meminta maaf karena tidak bisa mengakomodir seluruh kader yang ada. "Kita dibatasi aturan yang ada. Struktur maksimum kepengurusan hanya 21 orang saja, sehingga mungkin bagi teman-teman yang belum terakomodir, kita akan rapat dan segera membentuk sayap partai yang dikomandoi oleh masing-masing wakil ketua," kata Soerya.

Selepas konferda ini, kepengurusan yang baru akan segera menggelar rapat kerja."Perintah Konferda ini kita menyusun tiga komisi yang akan kita laksanakan sebelum kongres Bali," ucapnya.

Adapun tantangan pertama dari kepengurusan yang baru ini adalah menyukseskan kongres PDIP yang akan digelar April mendatang. "Kedua, kita juga konsentrasi pilkada serentak yang Insya Allah diselenggarakan Desember mendatang," papar Soerya.

Sebelumnya, Perwakilan DPC se-Provinsi Kepri sebelum Konferda mengeluarkan beberapa rekomendasi. Rekomendasi yang dibacakan sekretaris DPC PDIP Batam ini antara lain mendukung Megawati Soekarnoputri untuk menduduki kursi ketua umum PDIP masa bakti 2015-2020.

"Kami juga mendukung bapak Soerya Respationo untuk maju dalam Pilgub mendatang dan menentukan wakilnya," kata Erna, salah satu kader. Tak hanya itu, siapapun wakilnya yang akan dipilih Soerya, DPC se-Kepri siap mendukung dan memenangkan Soerya.

Sementara itu Anggota DPR dari PDIP dari Kepri Dwi Ria Latifa mengaku optimis  bahwa PDIP  kedepan akan lebih kuat lagi di Indonesia termasuk di Kepri.

"Tentu pasti saya berharap PDI-P lebih solid kompak karena kita mau hadapi pilkada juga. Jangka panjang, tentu dengan Konferfda yang  sangat lancar ini, saya optimis PDIP kedepan lebih kuat dan pilkada bisa saling bahu-membahu memenangkan pesta demokrasi. Kalau solid dan kompak, insyaallah menang. Kepri satu Pak Soerya," kata Dwi Ria Latifa.

Editor: Dodo