Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Nonton Adegan Kekerasan dapat Ganggu Tidur Anak
Oleh : Redaksi/TN
Rabu | 29-06-2011 | 11:43 WIB

Batam, batamtoday - Jangan biarkan anak anda menonton acara televisi yang banyak mengandung unsur kekerasan, karena membiarkan anak menonton tayangan TV seperti itu dapat mengganggu tidur mereka, kata sebuah penelitian. Lalu apa akibatnya?

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa anak-anak usia 3 sampai 5 tahun yang menonton tayangan yang mengandung unsur kekerasan cenderung mengalami peningkatan gangguan tidur. Tidak hanya itu, anak-anak yang menonton TV setelah lewat pukul tujuh malam juga mengalami peningkatan gangguan tidur, walaupun tayangan tersebut tidak mengandung unsur kekerasan.

Apa akibat dari tidur yang terganggu pada anak-anak? Peneliti mengatakan bahwa gangguan tidur di usia dini akan meningkatkan risiko obesitas dan prestasi yang buruk di sekolah di kemudian hari.

Anak-anak dengan TV di kamar mereka biasanya jauh lebih banyak menonton TV, dan cenderung mengalami gangguan tidur. Semakin banyak menonton TV di malam hari, dan semakin banyak tayangan kekerasan yang ditonton, maka mereka semakin cenderung untuk mengalami gangguan tidur. Tidak peduli apakah yang mereka tonton itu berupa tayangan kartun maupun live action, ataupun apakah mereka menonton TV sendirian atau bersama orang tua.