Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beri Bantuan Bagi Rumah Ibadah

Suryatati Singgung Aksi Demo di Tanjungpinang
Oleh : Charles
Selasa | 28-06-2011 | 16:11 WIB
Penyerahaan_Bantuaan_pada_Rumah_Ibadah2.JPG Honda-Batam

Penyerahaan Bantuaan pada pengurus Rumah Ibadah di Tanjungpinang

Tanjungpinang, batamtoday - Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, menyinggung semakin seringnya aksi demonstrasi  yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat  di Kota Tanjungpinang. Hal itu dikatakannya saat menyampaikan bantuan kepada 41 pengurus rumah ibadah di Aula Walikota, Senin 27 Juni 2011.

Dalam sambutannya di depan sejumlah pemuka agama dan pengurus rumah ibadah, Suryatati mengatakan Kota Tanjungpinang berkembang dengan cepat dan dinamis, tetapi harus dibentengi oleh agama dan budaya. Penyampaian aspirasi oleh masyarakat merupakan hal yang wajar, akan tetapi harus dalam koridor etika ketimuran.

Tujuan otonomi daerah adalah pemberdayaan masyarakat, masyarakat bebas menyampaikan aspirasinya, namun diharapkan penyampaian aspirasi tersebut hendaklah dengan santun dan mengikuti aturan yang berlaku.

"Pemberian bantuan ini, merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap umat beragama di Kota Tanjungpinang, dan hendaknya bantuan yang diberikan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan pengurus masing-masing rumah ibadah sebagaimana mestinya," ujar Suryatati.

Jumlah bantuan yang diberikan juga tidak sama besar, tergantung tingkat kebutuhan dan kondisi rumah ibadah yang dibantu, dan hal ini juga melihat lingkungan ekonomi masyarakat sekitarnya. Apabila mayoriitas jemaahnya memiliki kemampuan ekonomi yang lebih, maka diharapkan adanya swadaya masyarakat dalam membantu.

Dalam kesempatan itu, Suryatati juga menyatakan saat ini, kondisi fisik rumah ibadah di Kota Tanjungpinang semakin hari tampak semakin baik, namun demikian, perlu pula diikuti kegiatan keagamaan di rumah ibadah tersebut baik secara kualitas maupun kuantitas.

Sementara itu. Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial, Hantoni mengatakan hingga saat ini, jumlah rumah ibadah yang terdaftar di Kota Tanjungpinang ada sebanyak 219 bangunan yang  terdiri dari 93  Masjid,  100  surau, 8 Mushalla dan 18 gereja.

"Secara kualitas maupun kuantitas, rumah ibadah tersebut terus berkembang, dan Pemerintah Kota Tanjungpinang akan tetap memberikan perhatian, baik berupa pemberian bantuan melalui safari ramadhan, maupun kunjungan langsung ke rumah ibadah," ujarnya.

Untuk tahun ini, tambah Hantoni, total bantuan yang diserahkan Pemerintah Kota Tanjungpinang kepada rumah ibadah ini adalah sebesar Rp345.070.000.