Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga Fishing Festival Bakal Digelar di Pulau Berhala
Oleh : Ardi/Jauhari/Dodo
Selasa | 28-06-2011 | 15:06 WIB
Junaidi.gif Honda-Batam

Junaidi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga. (Foto: Ardi)

Lingga,batamtoday – Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lingga bakal menggelar Lingga Fishing Festival (LFF) di Pulau Berhala, Singkep dari tanggal 13 sampai 15 Oktober 2011 mendatang.

Kepala Disbudpar Lingga, Junaidi bersama stafnya telah melakukan kunjungan dan pertemuan dengan masyarakat pulau Berhala beberapa waktu lalu untuk menyosialisasikan rencana kegiatan ini dan mendapat respon positif serta dukungan dari masyarakat setempat.

“Kita mendapat masukan dari masyarakat untuk jadwal pelaksanaan, terutama menyangkut teknis seperti kapan cuaca yang bagus dan saat bulan gelap,” kata Junaidi kepada batamtoday, Selasa, 28 Juni 2011.

Junaidi menyebutkan pihaknya akan mencoba membuat suatu yang berbeda dari ajang sebelumnya yang biasa digelar di Pena’ah di mana tidak akan dibedakan kelas untuk peserta baik lokal ataupun non lokal.

Untuk Pulau Berhala ini, Junaidi mengatakan LLF yang pertama dan merupakan program lanjutan Disbudpar Kabupaten Lingga yang memiliki tujuan secara eksplisit dan implisit.

"Selain ajang promosi wisata bahari khususnya potensi Pulau Berhala, ajang LFF ini juga dijadikan penegasan atas status Pulau Berhala baik secara de facto dan secara de jure milik Lingga,” tegas Junaidi.

Kegiatan LFF ini rencananya akan diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri serta masyarakat lokal. Sekitar 250 peserta akan mengikuti festival ini dengan fasilitas transportasi ke Pulau Berhala dengan menggunakan pompong untuk memancing.

Dihubungi terpisah Kepala Desa Berhala, Sarif mengatakan masyarakat Pulau Berhala sangat menyambut gembira dan mendukung sepenuhnya rencana LFF.

“Meskipun dalam status rebutan antara Jambi dengan Kepri yang jelas Pulau berhala dan potensinya perlu dipromosikan,selain itu manfaat ekonominya juga ada khususnya untuk masyarakat setempat,” pungkas Sarif.