Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Batal Lantik BG, Badrodin Haiti Diusulkan Jadi Kapolri
Oleh : Surya
Rabu | 18-02-2015 | 15:24 WIB
Jokowi3.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri menggantikan Komjen Polisi Budi Gunawan (BG).


BG batal dilantik karena telah menimbulkan perbedaan dan perpecahan di masyarakat, sehingga pencalonannya sebagai Kapolri definitif dibatalkan.

Sikap ini disampaikan Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.
"Yang pertama, mengingat bahwa pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat maka untuk menciptakan ketenangan dan memperhatikan kebutuhan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk segera dipimpin oleh Kapolri yang definitif," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (18/2/2015).

Sebagai ganti BG, Presiden Jokowi mengajukan calon tunggal Kapolri lagi ke DPR, yakni Komjen Pol Badrodin Haiti yang kini menjabat sebagai Wakapolri dan juga Plt Kapolri.

"Maka hari ini kami mengusulkan calon baru yaitu Komjen Badrodin Haiti untuk mendapatkan persetujuan DPR sebagai Kapolri," katanya.  

Jokowi menyampaikan, meskipun tidak jadi dilantik sebagai Kapolri, Budi Gunawan diminta tetap memberikan kontribusi terbaik bagi lembaga Kepolisian. "Kontribusi ini dapat diberikan dalam bentuk jabatan apapun," katanya.

Mensesneg Pratikno menambahkan, usulan pencalonan Komjen Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri tunggal sudah ditandatangani Presiden Jokowi dsn segera dikirim ke DPR.  Presiden Jokowi akan mengirimkan surat pengusulan Komjen Badrodin Haiti ke DPR setelah masa reses usai pada 22 Maret 2015. 

"Surat sudah ditandatangani Presiden, dan akan segera dikirim ke DPR. Tinggal menunggu persetujuan DPR," kata Pratikno.

Secara terpisah, Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Agus Riyanto mengatakan, Mabes Polri mendukung keputusan pembatalan BG sebagai Kapolri dan mengusulkan Komjen Badrodin Haiti sebagai calon kapolri baru. "Kita mendukung dan menghormati. Mabes Polri mendukung keputusan Presiden," kata   Agus Riyanto. 

Agus mengatakan Mabes Polri akan menggelar rapat internal untuk segera menyikapi pembatalan Komjen Budi Gunawan dan pengusulan Komjen Badrodin Haiti. Akan ada langkah-langkah yang disiapkan. "Untuk menyikapi ini, tentunya ada langkah-langkah internal yang perlu dilakukan," ujar Agus.

Editor: Surya