Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ban Bocor, Uang Rp63 Juta dan Ponsel dalam Mobil Digasak Perampok
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 12-02-2015 | 14:48 WIB
korban_perampokan_ban_bocor.jpg Honda-Batam
Agus (baju putih) saat membuat laporan di Mapolresta Barelang. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Agus (32), warga Perumahan Tiban BTN, terpaksa mendatangi Mapolresta Barelang. Dia mengaku baru saja menjadi korban pencurian uang Rp63 juta yang berada di dalam mobil Toyota Fortunner putih BP 189 AA miliknya di Komplek Bumi Riau Makmur Seipanas, dekat bengkel GTM, Kamis (12/2/2015) pagi, sekitar pukul 09.30 WIB.

Uang beserta dua ponsel miliknya dibawa kabur dua orang pengendara sepeda motor saat ia berhenti mengecek ban mobilnya yang mendadak bocor. Begitu keluar, salah satu pelaku masuk ke dalam mobil dan mengambil tas berisikan uang dan ponsel yang berada di bangku tengah mobil.

Ditemui saat membuat laporan di ruang Sentral Pelayanan Kepolisian (SPK) Polresta Barelang, Agus menceritakan kejadian berawal saat ia ingin pergi ke gudang milik temannya di dekat bengkel GTM Seipanas untuk urusan bisnis.

Sebelum pergi, sekitar pukul 09.00 WIB ia mampir dulu ke Bank BCA Rafflesia Batam Kota untuk mengambil uang. Rencananya uang itu untuk persiapan perayaan Imlek di rumah dan di perusahaan yang bergerak di bidang furnitur miliknya. Setelah itu, baru ia menuju gudang milik temannya untuk mampir sebelum pulang.

Namun sekitar 100 meter dari lokasi temannya, ia diteriaki oleh pekerja bengkel mobil yang berada di sebelah gudang tempat ia berhenti karena ban mobilnya bocor. Kemudian ia turun dari mobil dan mengecek. Alhasil, ia mendapati ban kiri bagian belakangnya bocor.

Namun saat berada di posisi sebelah kiri bagian belakang, mobil yang dibiarkan menyala dan tidak dikunci dimanfaatkan pelaku melakukan aksinya dengan membuka pintu bagian sopir dan masuk mengambil tas yang berada di bangku belakang sopir.

"Pas pelaku datang saya tidak sadar karena sedang mengecek ban mobil bocor di sebelah kiri bagian belakang. Pelakunya dua orang mengedarai sepeda motor. Saya juga tidak melihat wajahnya. Saya turun dari mobil karena diteriaki orang bengkel mobil kalau ban mobil saya bocor. Kejadian sekitar pukul setengah sepuluh," kata Agus, Kamis siang.

Namun ia mengaku kejadian itu terekam CCTv yang terpasang di gudang tempat ia berhenti dan para pelaku sempat dicegat oleh seorang pekerja bengkel mobil. Namun pelaku tetap berhasil kabur membawa tas milik korban yang berisikan uang tunai dan ponsel.

Usai kejadian, Agus bersama seorang temannya langsung mendatangi Mapolresta Barelang membuat laporan. Sementara mobil ia tinggal di lokasi sebagai barang bukti untuk melakukan olah TKP.

Pantauan di Mapolresta Barelang, sekitar pukul 13.00 WIB, usai membuat laporang di SPK, ia langsug diarahkan ke Sat Reskrim Polresta Barelang untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sementara tim buser langsung menuju TKP untuk mengambil CCTv yang terpasang di lokasi. (*)

Editor: Roelan