Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jabatan Sekretaris Kosong, KPU Minta Wali Kota Tanjungpinang Ajukan Calon Pengganti
Oleh : Habibi
Rabu | 11-02-2015 | 15:01 WIB
robby_patria_kpu_tpi.JPG Honda-Batam
Robby Patria, Ketua KPU Kota Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jabatan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang saat ini kosong. Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, meminta Wali Kota Tanjungpinang mengusulkan tiga nama pengganti untuk diusulkan ke KPU.

"Sekretaris KPU Tanjungpinang sebelumnya, Bobbi Wira Satria, sekarang sudah jadi camat. Jadi, kita harus mencari yang baru. Untuk itu kita minta tolong sama wali kota untuk mengusulkan tiga nama. Karena pegawai di internal KPU belum ada yang memenuhi syarat kepangkatan untuk diangkat jadi sekretaris KPU," ujar Robby, Rabu (11/2/2015).

Menurutnya, untuk menjadi Sekretaris KPU minimal PNS bergolongan III/d. Sementara, kata dia, pegawai di internal KPU belum memenuhi kualifikasi tersebut.

Oleh karena itu, Robby berharap sekretaris yang akan diusulkan Wali Kota Tanjungpinang benar-benar berpengalaman di bidangnya. Apalagi dalam waktu dekat, yaitu akhir 2015 atau awal 2016 akan dilaksanakan pemilihan gubernur.

"Secepatnya akan kami sampaikan surat ke Wali Kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan akhir Februari sudah ada sekretaris baru," harapnya.

Selain Sekretaris KPU, jabatan Kasubbag Teknis KPU Tanjungpinang yang ditinggalkan oleh Agus Riawadi juga kosong. Yang bersangkutan ditarik untuk bertugas di Badan Penanggulangan Berncana Daerah (BPBD).

Namun kekosongan itu bisa diisi oleh salah satu pegawai dari internal KPU. Karena masih ada pegawai yang sudah memenuhi syarat kepangkatan untuk mengisi posisi tersebut. Saat ini, kata Robby, empat Kepala Sub Bagian di KPU Tanjungpinang semuanya diisi oleh pegawai internal KPU.

Saat ini PNS yang bekerja di kantor KPU Tanjungpinang berjumlah 31 orang. Mereka terdiri dari 19 orang pegawai internal KPU dan 12 orang pegawai Pemko Tanjungpinang yang diperbantukan di KPU Tanjungpinang.

Terkait itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, akan menunggu surat dari KPU untuk selanjutnya akan mengirim tiga nama yang menjadi usulan. Tiga nama tersebut, kata Lis, diperoleh dari uji dan sharing kepatutan dan kelayakan dari pejabat eselon III/a.

"Karena Sekretaris KPU harus orang yang bisa menjalin komunikasi yang baik dengan partai politik dan cepat menguasai kondisi masyarakat dan orang yg bisa di lapangan," ujar Lis saat dikonfirmasi. (*)

Editor: Roelan