Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MV Sunny Partner Kandas di Perairan Galang
Oleh : Hendra zaimi
Minggu | 26-06-2011 | 13:39 WIB
sunny.jpeg Honda-Batam

MV Sunny Partner saat lego jangkar habis muat bauksit di perairan Pulau Pangkil, Bintan beberapa waktu yang lalu (Foto: Istimewa)

Batam, batamtoday - MV Sunny Partner berbendera Panama yang mengangkut ribuan ton bauksit dari Dabo Singkep, Kepulauan Riau yang berangkat menuju China kandas di Selat Dempo perairan terluar Pulau Galang, Sabtu, 25 Juni 2011 sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala Kantor Pelabuhan Laut Otorita Batam, Capten Ali Ibrahim kepada wartawan mengatakan kapal tersebut kandas akibat melanggar karang, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Nakhoda kapal dan seluruh anak buah kapal (ABK) yang berjumlah 28 berhasil diselamatkan.

Mendapatkan laporan kandasnya kapal, pihak Kanpel Laut OB langsung mengerahkan tim penyelamat untuk memberikan bantuan yang didatangkan dari markas dari Pos Tanjung Uban. Tim penyelamat dengan menggunakan sebuah kapal dan dua buah tug boat berhasil mengevakuasi korban dan dibawa ke Pelabuhan Kijang.

"Nakhoda dan ABK kapal berhasil kita selamatkan dan kini berada di Pelabuhan Kijang," kata Kakanpel Laut OB, Capten Ali Ibrahim kepada batamtoday di kantornya, Minggu, 26 Juni 2011.

Ali Ibrahim menambahkan, posisi kapal saat ini dalam keadaan kemiringan yang hampir membuat kapal tersebut tenggelam, pihaknya segera menambahkan armada bantuan untuk bisa menyelamatkan kapal dan menghindar kerugian yang bisa menimbulkan pencemaran laut.

"Kita akan menambahkan armada untuk melakukan evakuasi kapal sehingga bisa menghindar dari pencemaran laut dari muatan kapal," terangnya.

Untuk penumpang kapal, lanjut Ali Ibrahim, pihaknya akan membawa mereka ke Batam dari Kijang untuk menanyakan langsung penyebab kandasnya kapal dalam proses prosedur keselamatan penumpang dan pelayaran.