Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencuri di Avava Mall Babak Belur Dihajar Massa
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 30-12-2014 | 18:20 WIB
maling_bonyok.jpg Honda-Batam
Aldi dengan muka babak belur saat diamankan di Mapolsek Lubukbaja.

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang warga Bengkong Permai, Aldi (24), menjadi bulan-bulanan massa, setelah dipergoki mencuri puluhan jam, sejumlah ponsel serta voucher isi ulang pulsa di Avava Mall, Jodoh, Selasa (30/12/2014).

Ditemui di Mapolsek Lubukbaja setelah digiring warga dan sekuriti setempat, bibir pelaku bengkak dan pecah. Mata kirinya juga lebam karena dipukuli. Selain itu, pipi kanannya juga bengkak.

Pencurian yang ia lakukan dengan cara menyelinap masuk sekitar pukul 22.00 WIB, saat mall akan tutup pada malam sebelumnya. Kemudian ia bersembunyi di salah satu konter yang menjual jam tangan.

Baru aksinya dilakukan setelah memastikan kalau mall benar-benar tutup. Ia berhasil mendapatkan puluhan jam tangan, beberapa ponsel dengan beragam merek serta voucher tersebut.

Namun aksinya itu diketahui oleh sekuriti yang datang dan membuka mall pagi hari, sekitar pukul 6.30 WIB agar petugas kebersihan membersihkan mall. Petugas tersebut memergoki pelaku bersembunyi di balik tirai salah satu konter jam tangan.

"Saya melihat ada bayangan di balik tirai salah satu konter jam tangan di lantai II pas membuka pintu cleaning service. Tirainya bergerak, padahal tidak ada kipas angin. Karena curiga, saya memanggil teman saya, Satria, memeriksa ke konter itu," kata Alex, salah satu sekuriti mall yang ikut mengantar pelaku ke Mapolsek.

Kecurigaan para sekuriti ini membuahkan hasil. Mereka mendapati seorang pria membawa sebuah tas ransel. Setelah diperiksa, di dalam tas ransel itu ditemukan barang-barang yang dicurinya. Pelaku langsung digiring ke pos sekuriti untuk diinterogasi.

Aldi baru mengakui perbuatannya setelah didesak oleh sekuriti. Sementara itu, warga yang mengetahui konternya dicuri, langsung memukul Aldi. Menghindari masa yang semakin ramai, pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Lubukbaja.

Sementara itu, Aldi mengakui perbuatannya. Ia nekat mencuri karena tidak punya uang dan sudah lama menganggur. Ia juga mengaku sama sekali tidak memantau situasi mal sebelumnya. Niat itu langsug timbul begitu ia pergi jalan-jalan ke mall tersebut.

"Saya butuh biaya buat bayar kos. Saya sudah lama nganggur. Karena tidak punya uang, makanya muncul niat mencuri. Niat mencuri timbul pas jalan-jalan ke mall," kata Aldi.

Terpisah, Kapolsek Lubukbaja, Kompol I Dewa Nyoman ASN, mengatakan, pihaknya menerima seorang yang diduga pelaku pencurian diantar oleh sekuriti mall.

"Modusnya msuk ke mall sebelum tutup. Pas tutup baru beroperasi. Sekarang sedng kita proses. Kita kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian," kata Dewa singkat.

Editor: Dodo