Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arsenal Terguncang, Real Madrid Lolos di Liga Champions
Oleh : Redaksi
Rabu | 05-11-2014 | 07:45 WIB

BATAMTODAY.COM - Arsenal gagal memastikan tempat di perdelapan final Liga Champions dengan hanya bermain imbang 3-3 dengan Anderlecht setelah unggul 3-0, sementara Liverpool kembali takluk di tangan Real Madrid yang memastikan lolos.

Pesaing Arsenal di Grup D, Borussia Dortmund, juga memastikan lolos dengan kemenangan kandang atas Galatasaray 1-0, Rabu (5/11/2014) dini hari WIB. Babak grup masih tersisa dua pertandingan, namun Dortmund sudah tak mungkin terkejar oleh dua tim lain, Anderlecht dan Galatasaray.

Arsenal tampil percaya diri, dengan Alexis Sanchez kembali menjadi bintang lapangan dengan manuver-manuver yang mengobrak-abrik pertahanan tim juara Belgia. Anderlecht juga beberapa kali mengancam gawang Arsenal yang dijaga Wojciech Szczesny.

Namun sesudah tendangan Alexis Sanchez membentur tiang gawang, sepertinya kepercayaan diri Anderlecht pun ikut tergetar. Menit ke-20, ujung tombak Danny Wellbeck dijatuhkan Chancel Mbemba di kota penalti, dan wasit pun menunjuk titik putih.

Kapten Arsenal Mikel Arteta tak membuang kesempatan: ia menyarangkan bola ke gawang Anderlecht dengan tendangan chip yang keras dan tinggi.

Arsenal makin menjadi-jadi. Hanya lima menit kemudian, klub London itu menggandakan keunggulan melalui gol cantik Alexis Sanchez. Awalnya ia melayangkan tendangan bebas yang membentur tembok pemain Anderlecht, namun bola muntah datang memelintir kembali ke arahnya yang ia sambar dengan tendangan volley yang menghujam ke pojok bawah gawang Silvio Proto.

Inilah gol Arsenal ke-500 yang disarangkan sebagai tuan rumah di Stadion Emirates. Babak kedua, Arsenal tak mengendurkan serangan.

Di menit ke-50, Arsenal nyaris mencetak gol ketiga, ketika Alex Oxlade-Chamberlain yang juga tampil bersinar, berliku-liku menaklukan bek Anderlecht, namun umpannya terbuang percuma karena sapuan Danny Welbeck masih melebar.

Namun tiga menit kemudian, Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol yang membenamkan Anderlecht, dengan menjemput umpan Sanchez, melesat melewati bek Anderlecht dan menembakkan gol yang tak terjangkau kiper.

Unggul 3-0, Arsenal mulai terlena. Akihinya gol Anderlecht di menit ke-61, dicetak ketika sebetulnya Anthony Vanden Borre dalam posisi offside. 

Pendukung Arsenal mulai berdebar ketika Vanden Borre kembali mencetak gol lewat titik penalti di menit ke-73.

Arsenal mulai tampil grogi. Dan akhirnya, di menit terakhir, Anderlecht membawa Arsenal kembali ke bumi dengan gol Aleksandar Mitrovic.

Dan Arsenal pun masih harus menunggu untuk mendampingi Dortmund ke perdelapan final.

Sementara di Grup B, Liverpool kembali menelan pil pahit, dikalahkan Real Madrid di Santiago Barnebeau, lewat gol Karim Benzema di menit ke-27.

Itu pun sudah hasil yang cukup mengejutkan, bahwa Real hanya mencetak satu gol mengingat Liverpool turun dengan banyak pemain cadangan, karena pelatih Brendan Rodgers sepertinya menyiapkan para pemainnya untuk pertandingan akhir pekan melawan Chelsea.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid memastikan lolos ke perdelapan final.

Berikut hasil lengkap pertandingan dini hari tadi,
Grup A:
Juventus 3-2 Olympiakos
Malmö 0-2 Atletico Madrid

Grup B:
FC Basel 4-0 Ludogorets Razgrad
Real Madrid 1-0 Liverpool

Grup C:
Zenit St Petersburg 1-2 Bayer Leverkusen
Benfica 1-0 Monaco

Grup D:
Arsenal 2-0 Anderlecht
Borussia Dortmund 4-1 Galatasaray

Sumber: BBC