Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wagub Kepri dan Bupati Bintan Tinjau Bantuan RTLH di Serikuala Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 23-10-2014 | 16:42 WIB
Wakil Gubernur Kepri Suryo Respatyono bersama Bupati Bintan dan Anggota DPRD Kepri bemeninjau bantuan rumah layak huni di Kampung Tanjungutalok, Desa Teluksasah Kecamatan Serikuala lObam.JPG Honda-Batam
Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respatyono, bersama Bupati Bintan, Ansar Ahmad, dan anggota DPRD Kepri meninjau penyerapan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kampung Tanjungutalok, Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Lobam - Wakil Gubernur Kepualauan Riau (Kepri), Soerya Respationo, bersama Bupati Bintan, Ansar Ahmad, meninjau penyerapan bantuan rumah layak huni (RTLH) yang sudah ditempati di Kampung Tanjungtalok, Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan, Kamis (23/10/2014). Peninjauan itu juga diikuti sejumlah anggota DPRD Kepri.

"Sejumlah bantuan rumah tidak layak huni untuk masyarakat adalah salah satu program bantuan dari Pemprov Kepri yang bekerja sama dengan Pemkab Bintan," kata Soerya kepada para penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni.

Dia menjelaskan, walaupun bantuan rehab rumah tidak langsung menyeluruh alias masih bertahap, tetapi pemerintah setiap tahunnya tetap akan mengalokasikan anggaran untuk memberikan bantuan kepada seluruh warga Kepri yang rumahnya tidak layak huni.

Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan ada perbaikan bagi kehidupan warga. Dengan sudah memiliki rumah yang layak huni, warga sudah bisa menjalankan hidup di lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Sementara untuk mendorong meningkatkan taraf hidup masyarakat, Pemerintah Kepri juga sudah ada program lainnya, baik untuk perbaikan gizi dan pendidikan malalui program beasiswa.


"Pemerintah menginginkan semua generasi muda bisa sekolah, sehat dan hidup layak walaupun pemerintah tidak memberikan bantuan 100 persen, tetapi azas gotong-royong yang sudah berjalan di Bintan dan Kepri. Itu harus terus dibangun agar tarap hidup masyarakat bisa lebih baik serta sejahtera," harapnya.

Soerya menambahkan, seluruh masyarakat harus berpikir lebih maju untuk menciptakan hidup yang lebih baik, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan agar bisa lingkungan lebih bersih dan sehat. Apabila hal tersebut dilakukan warga, katanya, walaupun pelan tapi pasti masyarakat bisa lebih meningkat taraf hidup dan pendidikannya.

"Pendidikan sangat penting. Orang tuanya yang sudah susah, jangan sampai anak dan keturunannya pun masih tetap susah. Setidaknya, orang tua bisa memberikan motivasi agar anak-anaknya bisa lebih sukses dan berhasil dengan hidup yang lebih sejahtera dengan apa yang di derita oleh orang tuanya," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Ansar Ahmad, memberikan apresiasi atas kepedulian Pemprov Kepri yang telah membantu untuk mengikis permasalahan kemiskinan yang ada di Kabupaten Bintan. Dia, berharap agar masyarakat bisa terus menjaga kebersihan lingkungan serta bisa menerapkan pola gotong-royong.

"Karena ke depan, pemerintah akan terus mengusahakan untuk meningkatkan bantuan yang berbentuk lain dengan tujuan tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setelah ada rumah, seyogyanya masyarakat bisa terpacu untuk lebih keras dan  berpikir sungguh-sungguh bekerja, yang selanjutnya rumah yang sudah di bangun bisa terus di benahi agar lebih baik lagi," harapnya. (*)

Editor: Roelan