Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banpol KKP Sekupang Batam Bekuk Penumpang Dumai Line 3 Pembawa Sekoper Ganja
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 16-10-2014 | 18:48 WIB
penumpang_dumai_line_3_pembawa_ganja.jpg Honda-Batam
Petugas Polsek KKP Sekupang, Batam, saat menggiring penumpang Dumai Line 3 yang membawa sekoper ganja. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Bantuan Polisi (Banpol) Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sekupang mengamankan penumpang kapal Dumai Line 3 dengan tujuan Dumai berinisial Jh (30), yang membawa 11 blok ganja, Kamis (16/10/2014) siang.

Penumpang itu dibekuk setelah gerak-geriknya yang membawa satu buah koper warna cokelat begitu mencurigakan petugas Banpol yang sedang menjaga di dermaga pelabuhan domestik. "Gerak-gerik pelaku sangat mencurigakan mulai turun dari kapal dan sampai di ruang pelabuhan," ujar petugas Banpol yang enggan ditulis namanya tersebut kepada BATAMTODAY.COM, Kamis sore.

Petugas ini menjelaskan, karena gerak-gerik pelaku yang mengenakan celana jeans biru dan mengenakan kaos merah itu mencurigakan, dirinya langsung melakukan pemeriksaan terhadap identitas dan tas bertulisan Polo berwarna cokelat yang dibawa warga yang asal Aceh ini.

Saat tas yang terkunci dengan gembok tersebut diperiksa, ditemukan ganja sebanyak 11 balok tanpa dialas atau ditutup oleh baju. "Saat diamankan pelaku sempat hendak kabur. Tetapi petugas KKP saat itu juga bersama saya, sehingga aksi tersebut bisa digagalkan," jelasnya.

Dia menambahkan, Jhelsion mengaku hanya sebagai kurir. Setiba di Batam, pelaku akan dihubungi oleh seseorang yang akan mengambil ganja tersebut.

Kapolsek KKP Sekupang, AKP Wahyu, membenarkan penangkapan tersebut. "Tetapi kita masih kembangkan. Kita juga mau tangkap penerimanya," kata dia. (*)

Editor: Roelan