Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Porprov III Kepri 2014 Habiskan Anggaran Rp6 Miliar
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 16-10-2014 | 18:03 WIB
nur_syafriadi.jpg Honda-Batam
Ketua KONI Kepulauan Riau, Nur Syafriadi.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau (Porprov Kepri) III tahun 2014 di Kabupaten Karimun yang digelar pada 8-15 Oktober 2014, telah menghabiskan dana hampir mencapai Rp6 miliar. Dana itu diperoleh dari dana sharing antara APBD Provinsi Kepri, APBD Kabupaten Karimun, serta anggaran rutin KONI Provinsi Kepri.

"Dari Pemprov Kepri membantu sebesar Rp3,5 miliar, sedangkan kekurangan atau sisanya lagi mengunakan anggaran rutin KONI Provinsi Kepri," ujar NUr Syafriadi, Ketua KONI Provinsi Kepri, pada laporan penutupan Porprov Kepri III di panggung rakyat Putri Kemuning, Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Rabu (15/10/2014) malam.

Nur juga menyampaikan, terpilih mendapat gelar juara umum pada Porprov Kepri III tahun 2014 yakni Kota Batam dengan perolehan medali emas sebanyak 88. Sedangkan Kabupaten Karimun meraih  juara II yang mendapat medali emas berjumlah 44.

"Juara III dari Kota Tanjungpinang, juara IV Natuna, juara V Bintan, juara VI Lingga, sedangkan Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai juara VII," terangnya.

Sementara dari hasil rapat Pengurus Besar (PB) KONI Provinsi Kepri, Selasa (14/10/2014) di Kabupaten Karimun, memutuskan Kota Tanjungpinang sebagai pelaksana Porprov Kepri IV tahun 2018.

"Kota Tanjungpinang telah bersedia, menerima dan siap. Untuk itu, diminta kepada tuan rumah terpilih mempersiapkan diri sejak sekarang, seperti membangun gelanggang olahraga yang belum ada," ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, sebelum menutup Porprov Kepri III tahun 2014 dalam sambutannya mengatakan, kegiatan olahraga jangan hanya dijadikan sebagai peningkatan prestasi semata. Tetapi, gunakan sebagai media untuk mempererat hubungan silaturahmi, antara sesama atlet, dan berbagai pihak  lainnya.

Atlet juga bisa menjadi calon-calon pemimpin yang maju dan tangguh. Untuk itu atlet harus memiliki lima karakter, yaitu mental, jasmani, sehat, cerdas, bersatu terakhir disipilin," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Soerya juga mengucapkan selamat kepada Kota Batam yang telah berhasil mempertahankan gelar juara umumnya. Ucapan yang sama  juga disampaikan untuk Kabupaten Karimun, yang dinilai telah suskes sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Porprov Kepri III tahun 2014.

Kemudian, Wagub Kepri juga berharap kepada bupati dan wali Kota se-Provinsi Kepri untuk serius memperhatikan sarana maupun prasarana olahraga di masing-masing daerahnya. Sebab menurutnya, dengan lengkapnya gelanggang olahraga, tentu berdampak lagsung bagi kemajuan olahraga di daerah itu sendiri.

"Kepada atet-atlet dari kabupaten/kota yang telah meraih prestasi untuk terus berlatih dan bersemangat. Dan, dalam mengikuti event-event ketingkat lebih tinggi lagi, prestasi-prestasi itu kiranya dapat tetap dipertahankan," pintanya mengakhiri.

Pada acara penutupan itu juga, Bupati Karimun, Nurdin Basirun, juga memberikan uang tunai sebesar Rp3 juta kepada pencipta balon maskot "Wak Kurau" Porprov Kepri III tahun 2014, yang didapat oleh Muhammad, warga Desa Pelambung, Kecamatan Tebing. (*)

Editor: Roelan