Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Pakai Kunci Ganda, Motor Vixion Jadi Incaran Maling
Oleh : Gokli
Kamis | 16-10-2014 | 13:51 WIB
maling motor ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Selain meningkatkan kewaspadaan, masyarakat khususnya penguna sepeda motor Yamaha Vixion diimbau untuk menggunakan kunci ganda di saat parkir. Kendati tak menjamin 100 persen aman, setidaknya penggunaan kunci ganda akan mempersulit pelaku untuk mencurinya.


Data yang dihimpun BATAMTODAY.COM, dari beberapa kasus pencurian sepeda motor yang dilaporkan korban ke Polisi dan terekspos media didominasi kehilangan sepeda motor Yamaha Vixion. Selanjutnya disusul kehilangan sepeda motor Suzuki Satria FU.

Dari beberapa kasus pencurian sepeda motor yang berhasil diungkap pihak Kepolisian, pelaku rata-rata menggunakan alat jenis kunci letter T. Motor korban dicuri di parkiran umum maupun diteras rumah dengan posisi hanya terkunci stang.

Masih dari hasil pengungkapan kasus pencurian sepeda motor oleh Kepolisian, diketahui Jenis sepeda motor yang lebih banyak dicuri maling yakni Yamaha Vixiion, Suzuki Satria FU, dan berbagai motor matik. Dan, rata-rata sepeda motor para korban dicuri dalam keadaan  tidak menggunakan kunci ganda.

Seorang korban yang ditemui di Mapolsek Batuaji, Fitriani mengaku kehilangan sepeda motor Yamaha Vixion warna hitam dan putih di depan Kampus Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Batam, Rabu (15/10/2014) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Motor tersebut diparkir dengan kondisi terkunci stang, namun tak menggunakan kunci ganda.

"Motor itu saya parkir di luar kampus. Setelah selesai kuliah, motornya sudah gak ada lagi di parkiran," aku warga Tiban Koperasi itu, Kamis (16/10/2014) siang.

Belum lama ini atau tepatnya Kamis (9/10/2014) sekitar pukul 15.30 WIB, Didik Eko Prastya (31) mengaku kehilangan sepeda motor Yamaha Vixion warna merah BP 4961 ME di lokasi parkir PT Marcopolo, Sagulung. Motor itu juga diparkir dalam kondisi tidak menggunakan kunci ganda.

Informasi yang diperoleh dari kedua korban, motor Yamaha Vixion yang berhasil digondol maling itu masih berstatus kredit. Timbul dugaan pelaku orang yang memahami lika-liku perkreditan sepeda motor atau orang yang paham betul dengan jenis sepeda motor.

Editor: Dodo