Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Johan Budi Diangkat sebagai Deputi Pencegahan, Jabatan Jubir KPK Lowong
Oleh : Surya
Senin | 13-10-2014 | 13:09 WIB
johan budi.jpg Honda-Batam
Juru Bicara KPK Johan Budi SP akan dilantik sebagai Deputi Bidang Pencegahan pada 17 Oktober mendatang

BATAMTODAY.COM, Jakarta -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melantik Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo (SP) sebagai Deputi Bidang Pencegahan pada Jumat 17 Oktober mendatang.



Johan akan merangkap jabatan hingga KPK menemukan juru bicara yang baru. KPK saat ini sedang mencari jurSaat ini, KPK tengah mencari juru bicara baru baik dari internal maupun eksternal.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Jakarta, Senin (13/10/2014) mengatakan, sudah ada beberapa nama yang digodok karena posisi juru bicara sangat strategis dan  menjadi ujung tombak KPK melawan koruptor.

"Serangan opini dan fitnah yang dialamatkan ke KPk ditangkal lewat keahlian jubir menjawab dan menyerang balik. Juru Bicara sangat strategis bagi KPK," kata Bambang.

Bambang menegaskan, Johan Budi untuk sementara waktu akan merangkap jabatan sebagai Deputi Pencegahan dan Kepala Biro Humas (Juru Bicara KPK).

"KPK akan segera mencari pengganti JB (Johan Budi), red) di Kepala Biro Humas. Dia  akan merangkap jabatan sebagai juru bicara sampai ada pengganti yang cocok. Sudah ada beberapa nama yang digodok," kata Bambang.

Bambang mengatakan, posisi Johan Budi sebagai Deputi Pencegahan dibawa koordinasi Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan Busyro Muqoddas.

Sebagai Deputi Pencegahan, nantinya Johan akan membawahi Sekretariat Deputi Pencegahan dan empat direktorat, yakni Direktorat Pendaftaran & Pemeriksaan LHKPN, Direktorat Gratifikasi, Direktorat Pendidikan & Pelayanan Masyarakat, serta Direktorat Penelitian & Pengembangan.

Sebelum bergabung dengan KPK, Johan meniti karir sebagai wartawan di Majalah Tempo dan Forum.  Setelah itu, Johan menjadi Kepala Biro Humas Komisi Pengawas Penyelenggara Kekayaan Negara (KPKPN), yang kemudian dibubarkan dan dilebur kedalam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Johan Budi pun diangkat sebagai Juru Bicara KPK dari awal terbentuk KPK pada 2006 lalu hingga kini, sebelumnya diangkat sebagai Deputi Pencegahan.  Posisi Johan Budi selama ini sebagai Juru Bicara KPK tidak ada yang bisa menggantikan, sehingga keberadaan sebagai Kepala Biro Humas tetap dipertahankan KPK. 

Kabarnya, ada beberapa nama yang sudah ditimbang. Ada nama dari internal KPK dan juga dari luar KPK. Siapa mereka? Kita tunggu saja informasi KPK nanti. Pastinya juru bicara itu mesti bisa setara atau bahkan melebihi kemampuan Johan.

Editor : Surya