Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Trio Hacker Anonymous Dibekuk di Spanyol
Oleh : magid
Senin | 13-06-2011 | 10:36 WIB
we-are-anonymouse-guy-fawkes.jpeg Honda-Batam

Kelompok Hacker Anonymouse

Almeria, batamtoday - Trio hacker yang menjadi anggota Anonymous akhirnya berhasil dibekuk aparat keamanan di Spanyol. Ketiga anggota kelompok hacker ini disinyalir menjadi dalang dibalik serangan terorganisir terhadap website perusahaan Sony. Tidak hanya itu, pemerintah Spanyol juga pernah dibuat pusing oleh ulah Anonymous setalah Bank terbesar di Negeri Matador itu jadi sasaran serangan.

Ketiga tersangka hacker Anonymouse ditangkap di tiga Kota berbeda, masing-masing satu orang di Barcelona, satu di Almeria, dan Valencia. Namun kepolisian Spanyol belum membuka identitas ketiga Hacker yang berhasil diamankan tersebut.

Kelompok Hacker Anonymouse meroket namanya setelah mereka dengan tegas membela Wikileaks saat website Wiki mengalami sejumlah serangan. Bahkan Anonymous memproklamirkan diri menjadi tameng Wikileaks dengan melakukan beberapa serangan balasan terhadap semua musuh Wiki saat website tersebut mempublikasikan sejumlah bocoran pesan kabel Kedutaan Amerika.

Seperti dikutip batamtoday dari laman media lokal Spanyol, Senin, 13 Juni 2011, pihak kepolisian Spanyol mengumumkan penangkapan tiga hacker Anonymose. Pelacakan terkait posisi Trio Anonymouse sudah dilakukan kepolisian Spanyol sejak Oktober 2010 lalu.

"Ini melibatkan polisi cyber Spanyol menyisir melalui jutaan baris log chating untuk mengidentifikasi siapa yang berada di balik kegiatan kelompok Anonymous," tulis rilis Kepolisian Nasional Spanyol.

Dari catatan batamtoday, sejumlah perusahaan besar di Dunia yang sempat terlibat dalam perseteruan kasus Wikileaks akhirnya menjadi sasaran Hacker Anonymous. Ketika pembekuan pembayaran donasi Wikileaks dihentikan oleh perusahaan Paypall, Anonymouse lansung melakukan serangan terhadap website Paypall. Dan mereka dengan terang-terangan mengklaim akan menyerang siapapun yang menjadi musuh Wikileaks.

Website lain yang juga tak luput dari serangan Anonymous adalah Mastercard, Amazon, dan sejumlah Bank di Spanyol. Anonymous juga membantu sejumlah gerakan revolusi di Tunisia dan Mesir. Mereka membantu masyarakat setempat untuk menyerang website pemerintah Tunisia dan Mesir. Beberapa serangan yang dibuat oleh anggota Anonymous menggunakan tool berbasis web yang disebut Loic untuk membombardir situs sasaran dengan data yang cukup besar.