Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bantuan Dana RTLH Anambas 'Cair' Pekan Depan
Oleh : Nursali
Jum'at | 10-10-2014 | 08:43 WIB

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Masyarakat Anambas yang termasuk penerima bantuan program RTLH 2014 bisa bergembira, karena uang bantuan tersebut sudah bisa dicairkan Kamis(16/10/2014) pekan depan. Pencairan dilakukan di Bank Syariah Mandiri dengan catatan penerima RTLH seluruhnya telah memiliki buku rekening.

"Pekan depan kita rencanakan pencairan uang rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) Kabupaten Kepulauan Anambas sudah bisa cair. Bagi penerima syaratnya harus memiliki nomor rekening dan warga bisa langsung datang ke Bank Syariah Mandiri karena bank tersebut merupakan mitra kita dalam mencairkan dana RTLH," kata Kepala Dinas Sosial Anambas, Yendi, Kamis (9/10/2014).

Yendi juga mengatakan, tahun ini ada 808 kepala keluarga yang berhak mendapat bantuan dana RTLH. Sebenarnya Dinas Sosial mengusulkan 892 namun setelah diverifikasi maka 808 KK yang lolos.

"Total dana setiap KK sebesar Rp20 juta namun tidak sekaligus bisa dicairkan. Untuk tahap pertama Rp14 juta dan setelah pekerjaan rumah selesai 70 persen baru bisa dicairkan sisanya Rp 6 juta," jelas Yendi.

Kata Yendi, warga yang berada di kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur tidak perlu harus datang ke Tarempa untuk mencairkan dana RTLH. Bagi warga di kedua kecamatan tersebut bisa mencairkan dana RTLH di Bank Syariah Mandiri yang ada di Letung.

"Warga Jemaja dan Jemaja Timur sekitarnya bisa mencairkan uang RTLH di Letung, karena di sana juga sudah ada Bank Syariah Mandiri. Jadi warga tidak usah datang ke Tarempa karena jauh dan proses pencairannya juga sama," ungkapnya.

Yendi menuturkan untuk tahun 2014 dana bantuan untuk program RTLH kabupaten kepulauan Anambas sekitar Rp 16 miliar. Dana tersebut langsung diberikan kepada masyarakat penerima langsung tanpa melalui Dinas Sosial dengan catatan penerima harus memiliki rekening.

"Warga langsung terima dari Bank Syariah Mandiri tidak melalui Dinsos, kita hanya melakukan pendataan sesuai dengan transfer yang dilakukan oleh bank kepada penerima bantuan," katanya.

Editor: Dodo