Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

India Operasikan Situs Pengawas Absensi Pegawai Negeri
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-10-2014 | 10:23 WIB

BATAMTODAY.COM - Pemerintah India mulai mengoperasikan sebuah situs nasional untuk memonitor kehadiran para pegawai negeri.


Begitu satu kantor pemerintah mendaftar di situs tersebut -yang saat ini masih dalam tahap uji coba- maka setiap pegawai yang ke luar dan masuk akan tercatat dengan menggunakan sidik jari dan nomor identitas.

Grafik tentang kehadiran di situs akan memperlihatkan berapa banyak pegawai yang berada di dalam kantor setiap menitnya dalam satu hari.

Para wartawan mengatakan situs ini sebagai bagian dari prakarsa Perdana Menteri Narendra Modi untuk menegakkan disiplin yang lebih tinggi di kalangan pegawai negeri India

Hampir 50.000 pegawai negeri sudah menggunakan situs attendance.gov.india itu sejak diujicoba dua bulan lalu dan sekitar 10.000 akan ditambahkan sebelum diluncurkan secara resmi dalam waktu beberapa bulan mendatang.

Pekan lalu, Modi mengharuskan semua pegawai negeri ikut dalam pembersihan secara massal kantor-kantor pemerintah, yang di beberapa tempat berbau pesing dan banyak sampahnya.

Bulan Agustus 2014 terungkap seorang guru, Sangeeta Kashyap, yang diangkat sebagai guru di negara bagian Madya Pradesh ternyata absen selama 23 tahun terakhir.

Sumber: BBC