Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petugas Resmob Baku Tembak dengan 8 Perampok, 1 Tewas
Oleh : Ali/Dodo/TN
Minggu | 12-06-2011 | 22:48 WIB
Perampokan-Dotamana-10-f-300x199.gif Honda-Batam

Perampok yang berhasil diamankan

Batam, batamtoday - Perampokan pada waktu magrib, di toko sembako Sumber Kita di Pertokoan Dotamana, Batam Center, Batam, Minggu 12 Juni 2011 berhasil digagalkan petugas Resmob Polda Kepri melalui sebuah baku tembak antara petugas dengan delapan kawanan perampok.

Dalam peristiwa baku tembak tersebut, seorang perampok tewas tertembak di tempat kejadian perkara (TKP) dengan luka tembak pada bagian dada dan leher. Selain itu petugas berhasil menangkap 2 pelaku lainya, sedangkan lima perampok lainya berhasil melarikan diri, dan satu diantaranya ada yang terkena peluru petugas.

Korban jatuh tidak hanya di kawanan tersebut, seorang petugas resmob juga mengalami luka terkena tembakan peluru kawanan perampok, dan dibawa ke RS Awalbross. 

Pemilik toko Sumber Kita, A Cing, juga mengalami luka-luka saat para perampok masuk ke tokonya dan melakukan kekerasan atas dirinya dan juga kepada tiga orang karyawanya yang diikat secara bersama-sama. A Cing dibawa ke RSOB, Sekupang untuk mendapat pengobatan.

Keterangan diperoleh batamtoday menyebutkan, para perampok mulai melakukan aksinya di Toko Sumber Kita sekitar pukul 18.30 WIB. Empat pelaku perampok masuk dan melakukan penodongan kepada A Cing maupun ketiga karyawanya, sedangka 4 tersangka lainya menunggu di samping dan depan toko.

Pengamatan batamtoday di TKP, pertokoan Dotamana memang tergolong sepi, kompleks pertokoan hanya terdiri 20 unit toko, dan pada saat kejadian hanya 3 toko yang buka, termasuk Toko Sembako Sumber Kita. Hanya saja, ketiga toko yang buka, dua lainya adalah toko kain dan juga toko sembako, posisinya saling berjauhan.

Suasana sepi demikian rupanya sudah menjadi gambaran para perampok dan menghitung aksinya akan berhasil. Namun perkiraan para perampok meleset, karena pada saat mereka beraksi, kebetulan petugas Resmob Polda Kepri sedang melakukan patroli rutin dan kebetulan melewati TKP, dan petugas mencurigai suasana di Toko Sumber Kita, sehingga para petugas segera turun dan melakukan penyelidikan secara cepat.

Hasil penyelidikan kilat tersebut, dari pembacaan situasi yang cermat, petugas menyimpulkan bahwa sedang terjadi tindka penyenaderaan dan perampokan di toko Sumber Kita, maka petugas pun segera melakukan pengepungan. Dengan berteriak petugas meminta para perampok segera menyerah dan meletakan senjatanya, sambil melakukan tembakan peringatan ke udara beberapa kali.

Para perampok yang terkejut dan sadar kalau aksi mereka sudah tercium petugas, tidak mengindahkan permintaan petugas dan malah melakukan tembakan ke arah petugas, sehingga Pertokoan Dotamana pada sore menjelang malam itu ramai oleh desingan peluru.

Dalam peristiwa baku tembak tersebut, seorang perampok tewas di tempat, satu perampok lainya juga terkena tembakan peluru petugas namun mampu melarikan dengan sepeda motornya, bersama 4 perampok lainya.

Meski lima perampok lolos,  namun petugas berhasil membekuk dua perampok dalam kondisi hidup-hidup, yang salah satunya diketahui bernama Sularno. Sedangka satu perampok lainya berinisla F tewas kena terjang peluru petugas.

Kedua tersangka dibawa dan ditahan di Mapolsek Batam kota, sedangkan F, perampok yang tewas dibawa Ke RSOB untuk dilakuakn visum.

Tiga orang pegawai Toko Sumber Kita juga dibawa ke Polsek Batam Kota untuk dimintai keteranganya, serta seorang pedagang gorengan yang mangkal dekat toko juga diminta petugas untuk ikut ke Polsekta Batam Kota untuk dimintai keterangannya atas peristiwa perampokan tersebut.

Kaposlek Batam Kota, Kompol Heriana yang datang ke lokasi kejadian, segera melakukan pemeriksaan di TKP, dan dia juga terlihat memeriksa layar CCTV yang memang ada di toko tersebut.

"Ya, kita bersykur perampokan berhasil digagalkan, itu saja saja dulu, kita masih melakukan pendalaman kasus ini, nanti akan kita sampaikan kepada pers secaar lengka," kata Heriana kepada batamtoday di lokasi kejadian.