Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Perkara Ledakan Tongkang di PT BAS Tunggu Hasil Pemeriksaan Labfor Polri
Oleh : Gokli
Jum'at | 03-10-2014 | 14:45 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Penyebab ledakan kapal tongkang di PT Bandar Abadi Shipyar (BAS) Tanjunguncang masih misteri. Bahkan, Polsek Batuaji yang menangani kasus tersebut belum berani membuat kesimpulan kendati pemeriksaan terhadap 21 orang yang dijadikan saksi sudah rampung.

Kapolsek Batuaji, Komisaris Polisi (Kompol) Zaenal Arifin, menyampaikan pihaknya baru bisa menyimpulkan setelah dilalukan gelar perkara. Sementara, untuk melakukan gelar perkara hasil penyelidikan yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri cabang Medan harus ada, untuk disinkronkan dengan hasil penyelidikan Polisi.

"Pemeriksaan terhadap saksi sudah kita rampungkan. Tinggal menunggu hasil Penyelidikan Tim Labfor Mabes Polri. Setelah hasilnya ada, baru dilakukan gelar perkara," jelas Zaenal, Jumat (3/10/2014) siang.

Menurut Zaenal, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya supaya hasil Tim Labfor bisa didapat dengan cepat, agar penyelidikan lebih lanjut dapat dilakukan. Memang, aku Zaenal, hasil penyelidikan Labfor yang belum keluar bisa mereka maklumi, berhubung banyaknya kasus yang sedang ditangani saat ini.

"Memang kita berharap hasil penyelidikan Labfor cepat. Tapi, kita juga harus bisa memaklumi banyaknya kasus yang sedang mereka tangani saat ini. Termasuk yang baru terjadi di Batam, mungkin itu lebih diprioritaskan," kata mantan Kapolsek Batuampar, itu.

Kapal tongkang itu meledak pada Jumat (29/8/2014) sekitar pukul 15.30 WIB, di PT Bandar Abadi Shipyard (BAS) Tanjunguncang. Akibat ledakan, empat orang buruh tewas dan belasan mengalami luka-luka.

Editor: Dodo