Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ansar Resmikan Rumah Singgah Masyarakat Bintan di Singkawang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 22-09-2014 | 13:19 WIB
Bupati-Bintan-Ansar-Ahmad-S.gif Honda-Batam
Bupati Ansar Ahmad.

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Ansar Ahmad meresmikan keberadaan rumah singgah masyarakat Tambelan, Bintan yang didirikian di Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (21/9/2014) kemarin. Acara ini juga diselaraskan dengan silaturahim dengan warga.

Ansar mengatakan, jauhnya rentang kendali Kecamatan Tambelan ke Bintan yang memakan waktu hingga 18 jam, menjadi salah satu alasan Pemerintah Bintan, untuk mengambil kebijakan dalam membangun rumah singgah yang dapat digunakan masyarakat Tambelan di Kota Singkawang. 

"Pembangunan rumah singgah ini, merupakan tindak lanjut dari penyempurnaan pelayanan bagi masyarakat, khususnya yang kurang mampu dalam memberikan pelayanan kesehatan, di kalangan masyarakat Tambelan yang sakit, rujukan dari Puskesmas Tambelan ke rumah sakit di Singkawang," kata Ansar.

Dengan adanya rumah singgah yang dibangun Pemerintah Bintan, juga dapat digunakan masyarakat Tambelan yang mengantar anaknya sekolah di Singkawang.

"Bagai masyarakat yang kurang mampu, dan berobat ke RS di Singkawang, Pemerintah Kabupaten Bintan, akan menanggung biaya pasien bersama satu orang pengantar, dan sebagai penginapan, masyarakat dapat menempati rumah singgah yang disediakan ini," tambah Ansar.

Rumah singgah masyarakat Tambelan di Singkawang ini dilengkapi dengan 8 kamar tidur, lemari, AC, kamar mandi, kipas angin, ruang tamu dan dapur. Serta satu unit mobil ambulans, yang nantinya akan dikelola pemerintah daerah melalui PNS yang ditunjuk. 

Ansar juga berpesan, agar masyarakat Tambelan yang berada di Singkawang, dapat memanfaatkan rumah singgah serta mobil ambulans yang disediakan dengan baik. 

"Pemerintah Bintan, akan senantiasa terus melaksanakan pembangunan di Kecamatan Tambelan, baik secara fisik, moral dan intelektual agar dapat sejajar dengan kecamatan lainnya. Kedepan kita harapkan dan doakan, Tambelan sudah memiliki air strip, dengan terlaksananya pembangunan bandara perintis," kata Ansar.

Tokoh masyarakat Tambelan, Muzam menyatakan sangat menyambut baik dan berterimakasih pada Pemerintah Bintan, atas perhatian yang diberikan. Dengan fasilitas yang disediakan, akan mampu meringankan beban masyarakat dan orangtua yang menyekolahkan anaknya serta membawa berobat sanak kerabat ke Singkawang. 

Wali Kota Singkawang Awang Ishak yang hadir dalam kesempatan itu, menyatakan sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Bintan pada masyarakatnya di Singkawang. 

Mengenai pemberian pelayanan kesehatan, Awang mengatakan sudah merupakan kewajiban setiap pemerintah, dan bagi masyarakat Tambelan yang berobat maupun bersekolah akan diberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang memadai.

Editor: Dodo