Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diguncang Isu Razia, Toko dan Minimarket di Lingga Mendadak Tutup
Oleh : Nur Jali
Senin | 15-09-2014 | 12:46 WIB
toko_tutup_lingga.jpg Honda-Batam
Deretan toko swalayan di Lingga yang tutup mendadak setelah ada isu razia.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sejumlah toko swalayan dan minimarket di Dabosingkep tutup secara mendadak karena mendapat informasi akan ada razia dari Kementerian Perdagangan, Senin (15/09/14).

Salah satu pemilik toko, Ace mengatakan dirinya enggan membuka usahanya karena ada informasi bakalan ada razia dari pusat. Namun dirinya menolak siapa oknum yang sengaja menyebarkan isu tersebut.

"Tadi ada yang bilang ada razia dari pusat, jadi sekitar jam 9 tadi kami tutup semua," kata Ace.

Kepala Dinas Perindustrian Perdaganagan dan Koperasi Kabupaten Lingga, Muzammil mengatakan dirinya tidak mengetahui ada razia tersebut. Jika memang ada razia dari kementerian perdagangan sebaiknya hal itu dikoordinasikan dulu dengan dinasnya, sehingga tidak terjadi kepanikan pemilik toko.

"Kalau memang razia dari pusat mereka sebaiknya koordinasi dulu dengan kami, supaya kami bisa mengarahkan," kata Muzammil.

Adanya isu razia yang bocor ini diduga dari oknum tertentu, hal ini mengingat selama ini pihak Disperindag dan kecamatan tidak pernah melakukan penindakan meskipun harga di pasaran sering terjadi monopoli, pedagang sesukanya menaikan harga, dan sering ditemukan makanan yang kadaluarsa.

Salah satu staf di dinas yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, kemungkinan juga banyak terdapat barang yang tidak memiliki label layak jual atau label SNI yang beredar di Dabo, namun belum satupun kasus tersebut dilanjutkan.

"Bagus kalau ada razia mendadak, karena dari dinas memang tidak ada tindakan untuk pedagang yang melanggar," katanya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanda-tanda petugas yang melakukan razia, namun hampir sebagian besar toko swalayan dan minimarket masih tutup.

Editor: Dodo