Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban di Batam Tak Stabil
Oleh : Hadli
Senin | 15-09-2014 | 08:15 WIB
kambing nongsa.jpg Honda-Batam
Pedagang hewan qurban di kawasan Nongsa, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga sapi dan kambing di Batam menjelang Idul Adha 1435 H perlahan melambung seiring tingginya permintaan pasar hewan qurban itu. 

Kisaran harga hewan qurban ini tidak hanya naik karena peternak menaikkan harga menjelang hari raya qurban, namun juga karena faktor berat dan jenis hewan itu sendiri. 

Hal tersebut disampaikan Muklis, salah satu pedagang sapi di wilayah Batubesar, Nongsa. Menurutnya, kisaran harga kambing sebesar Rp2 juta sampai dengan Rp4 juta, sedangkan sapi seharga Rp9 juta hingga Rp20 juta.

"Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan hari biasanya. Karena kita mengambil dari pemasoknya dengan harga yang cukup tinggi juga," kata dia, Minggu (14/9/2014). 

Untuk jenis sapi yang dijual, tambahnya terdapat beberapa jenis. Ada sapi metal, bali dan sapi biasa alias sapi kampung. Demikian juga kambing kampung. Walaupun kambing ini posturnya kecil, tetapi daging kambing ini lebih padat dan gurih. 

Pertama kali mendatangkan hewan qurban dari peternak, lanjutnya, ia mengambil sapi sebanyak 48 ekor dan kambing sebanyak 330 ekor. Namun sebagian sudah ada pemesannya yang dititipkan untuk sementara waktu.  Dari jumlah itu sebanyak 30 ekor sapi dan 100 ekor kambing yang sudah dipesan. 

"Biasanya seminggu sebelum Idul Adha permintaan mulai tinggi. Kalau stok habis kita datangkan lagi dari peternaknya. Untuk harga kalau naik dari sana, mau tidak mau kita naikkan juga," kata dia.

Editor: Dodo