Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calo KTP Gentayangan di Disdukcapil Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 11-09-2014 | 15:17 WIB
IMG-20140911-00011.jpg Honda-Batam
Antrean warga mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Calo pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) serta akte kelahiran gentayangan mencari mangsa di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam. Praktik percaloan itu diketahui telah berlangsung sejak lama dan terkoordinir dengan baik.


Praktik percaloan KTP dan KK ini dilakukan secara terang-terangan tanpa ada rasa takut atau malu kepada petugas. Pasalnya petugas Disduk diduga ikut bermain. 

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di kantor Disdukcapil Batam, Kamis (11/09/2014), calo KTP dan KK terlihat wara-wiri di kantor tersebut.

Seperti yang dialami Tini warga Batuaji  dan mengaku dirinya membayar Rp250 ribu untuk pembuatan KTP baru 

"Saya kena Rp250 lantaran saya sudah dikenalkan sama tetangga dengan salah satu orang yang biasa mengurusinya," ujar Tini.

Dia mengaku, pembuatan KTP yang diurus oleh salah satu orang yang sering di kelurahan itu lebih murah dibanding dengan yang lain. "Biasanya orang lain dikenakan biaya mulai Rp300 ribu hingga Rp400 ribu," ujarnya.

Diakui pula memang biaya untuk mengurus sendiri jauh lebih murah ketimbang dengan orang lain. Namun yang jadi masalah waktu selesai pembuatan KTP bisa mencapai 1 hingga 2 bulan. 

"Habis mau gimana lagi dari pada kita nunggu berbulan-bulan lebih baik lewat calo lebih cepat satu hingga tiga hari juga sudah selesai, apa lagi KTP ini sangat diperlukan saat akan digunakan," ujarnya 

Hal lain juga dialami oleh Muklis warga Tiban yang mengaku dirinya bikin 2 KTP baru dengan istri, plus 1 KK (kartu keluarga)  ia harus dikenakan biaya Rp600 ribu.

"Persyaratan saya lengkap, tapi ketika di Disduk ada yang menawarkan jasa pembuatan dengan cepat, makanya saya mau, katanya sih lima hari sudah selesai," ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam Mardanis saat dikonformasi tentang banyaknya calo yang berkeliaran di kantornya, sampai berita ini diturunkan belum memberikan tanggapan.

Editor: Dodo