Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Razia Multisasaran Polres Tanjungpinang Nihil Tanki Pelangsir Solar
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 30-08-2014 | 08:59 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Guna menekan aksi pelangsiran, penyelundupan dan penimbunan BBM bersubsidi jenis solar, serta aksi kriminal lainnya, yang diduga sering beroperasi malam hari, Polres Tanjungpinang menggelar razia multi sasaran dengan target mobil tanki penyeludup solar, senjata tajam (sajam) dan narkoba, Jumat (29/8/2014) malam.

Pelaksanaan razia yang diikuti seluruh perwira Polres dan Kapolsek ini dipimpin langsung Kapoles Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu Wardana, dan dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Km 8 Simpang RSUD Provinsi Jalan Tanjunguban dan Km 9 Bintan Center. Selain menyasar dua lokasi razia, sejumlah anggota Polisi juga melakukan penjagaan di pintu masuk perbatasan Tanjungpinang-Bintan, Km 15 Jalan Tanjunguban serta Km 14 Jalan Kijang.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Dwita Kumu Wardana, kepada Wartawan mengatakan, pelaksanaan razia multi sasaran dilakukan untuk menangkap tanki BBM solar yang menurut Informasi sering melakukan pengangkutan pada malam hari. Dan selain mobil pengangkut solar, dalam razia ini juga ditargetkan pada senjata tajam, pencuriaan kendaraan bermotor, serta narkotika.

"Razia multi sasaran ini kita laksanakan untuk menyasar dan menarget mobil pelansir solar yang menurut Informasi, para pelaku sering melansir solar dengan mobil pada malam hari, dan dari dua TKP yang kita lakukan razia, belum ditemukan adanya mobil tanki pengangkut BBM, atau mungkin mereka pada malam hari tiarap juga," ujar Kapolres.

Dalam dua jam pelaksanaan razia di dua TKP berbeda, Polisi berhasil mengamankan puluhan kendaraan bermotor yang tidak memiliki kelengkapan berkendaraan, seperti tidak memiliki nopol, STNK dan SIM. Bahkan sebagaian pengendara terpaksa ditilang karena saat berkendaraan tidak menggunakan helm.

Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Hilman Wijaya, yang juga turut serta dalam razia tersebut mengatakan, dari pemeriksaan dan penggeledahan pada kendaraan bermotor yang dirazia, belum ditemukan barang barang mencurigakan, seperti senjata tajam, narkoba dan sejenisnya. Sejumlah motor yang ditilang karena tidak memilik administrasi, seperti STNK, dan SIM.

"Sebagian pengendara ditilang karena tidak menggunakan helm. Utuk sajam, narkoba dan nobil pelansir, kita belum menemukan," ujarnya.

Puluhaan sepeda motor yang terjaring dalam razia multi sasaran tersebut, selanjutnya dibawa ke Mapolres Tanjungpinang guna dilakukan proses sesuai UU Lalu Lintas.

Editor: Redaksi