Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Komplotan Tahanan Polsek Batam Kota yang Kabur

Polisi Bekuk Spesialis Pembobol Rumah
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 26-08-2014 | 16:32 WIB
pembobol rumah.jpg Honda-Batam
Julkifli saat diperiksa di Mapolsek Sekupang. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Julkifli, warga Perumahan Buana, Sagulung, dibekuk jajaran Sat Reskrim Polresta Barelang yang berkoordinasi dengan Sat Reskrim Mapolsek Sekupang. Pria berusia 28 tahun yang diduga sebagai komplotan yang telah membantu pelarian enam tahanan Polsek Sekupang, diamankan pada Minggu (24/8/2014) kemarin karena kepergok sedang mencongkel rumah warga di Sekupang.

"Julkifli ini masuk dalam daftar pencari orang  (DPO). Dia ditangkap saat beraksi di perumahan Patam Lestari saat membobol rumah warga," ujar Kapolsek Sekupang, Kompol Rimsyahtono, Selasa (26/8/2014).

Saat dilakukan pemeriksaan, Julkifli merupakan kerabat dan kawan dekat salah satu tahanan kabur yaitu Eko Syahputra Simanjuntak, tahanan kasus percobaan pencurian sepeda motor. "Tapi dia belum mengakui kalau dirinya membantu pelarian tahanan di Mapolsek Batam Kota," ujarnya.

Rimsyahtono menyatakan, pelaku dijerat dengan pasal 362 KHUP tindak pencurian dengan pidana penjara paling lama 5 tahun kurungan. "Barang-barang yang diamankan dari tangan pelaku satu buah obeng dan linggis kecil serta mengenakan mobil Toyota Avanza warna hitam yang merupakan mobil rental," terangnya.

Sementara itu, Julkifli mengakui kalau dirinya sangat dekat dengan Eko salah satu tahanan kabur yang kini masih dalam pengejaran itu. Dia juga mengaku sering berkumpul bersama serta melakukan aksi kriminal bersama-sama.

Dia pernah mengantar istri Eko untuk menjual barang di daerah Jodoh untuk membesuk Eko. "Saya kenal istrinya, sering dia minta tolong setelah Eko ditangkap," ujar spesialis pelaku pembobolan rumah berbadan tinggi berkulit hitam ini kepada wartawan di Mapolsek Sekupang.

Namun ia mengelak kalau dirinya membantu pelarian Eko dan tahanan Mapolsek Batam Kota lainnya. Dia mengaku tidak pernah membesuk Eko saat ditahan. "Saya tahu kalau dia ditahan, tapi nggak pernah membesuk, apalagi membantu melarikan tahanan di Mapolsek Sekupang," ujarnya. (*)

Editor: Roelan