Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelum Berangkat, Jemaah Calon Haji Anambas Terima Pelatihan dan Pembinaan
Oleh : Nursali
Selasa | 26-08-2014 | 16:24 WIB
pembekalan_cjh_anambas.jpg Honda-Batam
CJH asal Anambas mendapat pembekalan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Sebelum berangakat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, 18 jemaah calon haji dari Kabupten Kepulauan Anambas diberikan pelatihan dan pembinaan oleh Kantor Kementerian Agama setempat, Selasa(26/8/2014) di Siantan Nur.

"Pelatihan ini kita lakukan bertujuan agar para jemaah calon haji benar-benar siap sebelum keberangkatan nanti. Para jemaah calon haji kita siapkan agar bisa mandiri dan siap secara mental," kata Panitia Pelaksana Kegiatan, Ulil Amri.

Ulil menambahkan, sebelum keberangkatan para calon jemaah haji diperiksa kesehatan, kesiapan administrasi dan bimbingan dalam perjalanan menuju Mekah dan kembalinya dari sana juga dalam keadaan sehat walafiat serta menjadi haji yang mabrur. Usai pelatihan tersebut para jemaah calon haji juga akan diberi pelatihan secara langsung atau praktik sehingga benar-benar siap untuk diberangkatkan.

"Usai diberi pelatihan dan pembinaan mereka juga akan ada praktik langsung di lapangan. Hal ini kita lakukan untuk mempersiapkan jemaah calon haji kita agar benar-benar siap berangkat dengan harapan tidak ada kendala selama dalam perjalanan berangkat maupun kepulangan nanti," ujarnya.

Sementara Asisten II ekonomi dan Pemerintahan Pemkab Anambas, Andi Agrial mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas hanya memfasilitasi para jemaah calon haji dari Tarempa menuju Embarkasi Batam serta kembali lagi ke Tarempa.

"Kita termasuk kloter pertama, jadi sesuai agenda calon jemaah kita akan berangkat hari Jumat (29/8/2014) dan istirahat di Asrama Haji dan setelah itu direncanakan berangkat menuju Mekkah 1 September 2014 mendatang. Jadi sebelum keberangkatan, kita ingin jemaah calon haji ini sudah siap secara fisik dan mental," kata Andi.

Andi juga menambahkan, 18 jemaah calon haji 9 diantaranya wanita dan 9 Laki-laki dan usia termuda 42 dan paling tua 76 tahun. Para jemaah calon haji direncanakan akan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Anambas, Abdul Haris di Masjid Jami' di Tarempa.

"Rencananya dilepas langsung oleh Wakil Bupati, setelah itu baru berangkat ke Batam. Keberangkatan jemaah calon haji dari Anambas memang kita jadwalkan dipercepat dua hari untuk mengantisipasi adanya gangguan cuaca," katanya.

Di samping itu, Islam Malik salah satu narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas saat menyampaikan materi kepada jemaah calon haji mengatakan, sebelum berangkat agar tidak mengonsumsi makananan yang mengandung bau dan gas. Karena selama perjalanan ke Mekkah sangat jauh dan lama di dalam pesawat sehingga perlu menjaga kesehatan.

"Bapak-bapak dan ibu sebelum berangkat jangan makan makanan yang berbau seperti petai, jengkol atau durian karena dalam perjalanan nanti perlu menjaga kesehatan," kata Islam Malik.

Editor: Dodo