Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wamen PAN-RB Yakin Tanjungpinang Dapat Tambahan Kuota CPNS
Oleh : Habibi
Selasa | 26-08-2014 | 10:30 WIB
Eko_Prasojo.jpg Honda-Batam
Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB), Eko Prasojo, meyakinkan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang bakal dapat tambahan kuota CPNS pada tahun ini. Alasannya, Pemko Tanjungpinang sudah empat tahun tak mengadakan penerimaan CPNS.

"Pengajuan kuotanya kita terima tiga minggu lalu. Kita juga memroses sekitar 500 pengajuan dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Ini dalam proses akhir, tinggal menunggu persetujuan menteri hingga adanya penetapan. Saya akan tetap usahakan (Tanjungpinang dapat tambahan kuota)," ujar Eko saat ditemui di Hotel Bintan Beach Resort, Tanjungpinang, Senin (25/8/2014).

Menurutnya, Kota Tanjungpinang akan ada penambahan, namun berapa jumlahnya belum diketahui. Yang jelas, jumlah penambahan itu tidak akan sama dengan yang diajukan.

Sebelumnya Pemko Tanjungpinang telah mengajukan 400 lebih dan 85 yang disetujui. "Itu karena ada masalah di belanja pegawainya yang dinilai berlebih. Akhirnya dibenerin dan diajukan kembali. Kita harap dapatlah penambaha, apalagi Tanjungpinang sudah empat tahun tidak melakukan penerimaan," terang pejabat kelahiran Kijang, Bintan, Kepualauan Riau ini.

Eko menjelaskan, untuk menentukan jumlah kuota CPNS ini Kementerian PAN-RB melakukan berdasarkan sistem. Jika tidak, maka akan dipermasalahan dan diperiksa oleh BPK.

"Yang pertama berdasarkan indikator analisis jabatan (abjat), APBD-nya harus di bawah 50 persen, tenaga honorer yang telah kami berikan, analisis beban kerja, perencanaan SDM lima tahun dan ikatan dinas APBN atau IPDN," terangnya. (*)

Editor: Roelan