Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Berkilah Hanya Operasi Cipta Kondisi

31 Warga Perumahan Taman Sejati Diamankan karena Bentrok Dipicu Uang Keamanan
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 22-08-2014 | 13:44 WIB
bentrok_sincom.jpg Honda-Batam
Puluhan orang yang diamankan beserta barang bukti akibat bentrokan di Batam Kota, dini hari tadi.
 

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 31 orang serta 15 unit sepeda motor ditahan Kepolisian Sektor Batam Kota di depan Perumahan Taman Sejati, di belakang PT Panasonic Sincom, Batam Kota. Mereka ditertibkan saat pihak kepolian melakukan operasi cipta kondisi karena bergerombolan.

"Kebetulan kami sedang operasi cipta kondisi. Mereka berkumpul pada jam rawan. Agar tidak mengarah ke tindak kriminal, makanya kita bawa untuk ditanyai dan dibina," kata Kapolsek Batam Kota, Komisaris Polisi Suherman Zein, Jumat (22/8/2014) dini hari.

Namun informasi yang didapat di lapangan, 31 orang yang diamankan, merupakan dua kelompok yang terlibat bentrokan. Menurut keterangan warga setempat, bentrokan dua kelompok tersebut sempat saling lempar batu dan saling pukul menggunakan kayu.

"Pas lewat gerbang perumahan, orang sudah banyak. Mereka puluhan, dan masing-masing bawa kayu. Motor juga ada yang dirusak. Saya jadi takut lewat," kata Dewi, salah satu warga perumahan yang baru pulang kerja di salah satu perusahaan kawasan Batam Centre.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat di lokasi juga mengakui bahwa ada baku hantam antara dua kelompok, yang berlangsung sekitar 20 menit. Pemicu bentrok tersebut masalah uang keamanan yang harus dibayar,warga setiap bulannya.

"Mereka memang berkelahi. Warga banyak keluar rumah, tapi tak berani mendekat. Ada salah satu warga yang belum bayar uang keamanan. Sebelumnya sudah dikutip petugas keamanan dan sudah dirundingkan. Tapi tak tau lah gimana penyelesaiannya. Yang kami lihat sudah bentrok saja. Mereka warga di sini juga," jelas pria yang enggan menyebutkan namanya, Jumat subuh, usai kejadian.

Pantauan di lokasi, akibat bentrok sesama warga perumahan tersebut, warga lainnya terpaksa berjaga hingga pagi, agar tidak ada lagi pertikaian. "Untung polisi datang dan mengamankan para warga yang bentrok," tambahnya singkat.

Editor: Dodo