Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FDA Dilaporkan Bersekongkol dengan Colgate untuk Sembunyikan Bukti Bahaya Triclosan
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-08-2014 | 13:38 WIB
acp-226_1z.jpg Honda-Batam
Produk Colgate Total. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM - BADAN POM Amerika Serikat (FDA) dilaporkan telah bersekongkol dengan Colgate Palmolive Co, untuk menyembunyikan data-data ambang aman dari triclosan, bahan kimia berbahaya yang digunakan secara eksklusif dalam merek pasta gigi Colgate Total.

Saat ini, hanya pasta gigi yang mengandung triclosan, dan penggunaannya untuk perawatan gigi dan mulut telah memicu kontroversi. Disadur dari Bloomberg, kelompok konsumen telah menekan regulator untuk mengambil sikap terhadap penggunaannya, namun FDA enggan untuk meneliti data terbaru tentang triclosan yang bertentangan dengan data produsen yang justru digunakan FDA sejak awal untuk menyetujui penggunannya.

Menurut investigasi yang dilakukan oleh Bloomberg, FDA gagal untuk menilai keamanan triclosan sebelum menyetujui penggunaannya dalam Colgate Total. Bahkan, FDA diduga sengaja menyembunyikan data keamanan pada triclosan, yang semuanya disusun oleh Colgate, dan hanya baru-baru ini merilis informasinya ke publik setelah diancam akan digugat.

Setelah direview, terbukti bahwa FDA 'melobi' Colgate untuk menyetujui bahan kimia berbahaya yang digunakan sehingga mengancam konsumen.

Jumlah triclosan pada pasta gigi Colgate Total bisa menyebabkan risiko pada gangguan endokrin, dan malformasi tulang janin. Termasuk dalam data perusahaan yang berjumlah 35 halaman, terbukti jika triclosan dapat menyebabkan malformasi tulang janin.

Menurut definisinya, triclosan adalah pestisida yang, berdasarkan struktur kimianya, menyerupai komponen utama dari senjata kimia Agen Oranye disemprotkan selama Perang Vietnam. Juga dikenal sebagai 5-kloro-2-(2,4-Dichlorophenoxy) fenol. Triclosan secara teknis merupakan turunan dari 2,4-D, herbisida yang sangat beracun yang saat ini dijadwalkan untuk disetujui sebagai solusi untuk  memberantaas "gulma super." (*)

Editor: Roelan