Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Praktis Menyimpan Daging Sapi Matang Agar Masakan Indonesia Tetap Enak
Oleh : Redaksi
Jum'at | 20-06-2014 | 12:40 WIB
simpan daging.jpg Honda-Batam
(Foto: Republika).

BATAMTODAY.COM - Jika Anda termasuk orang yang suka memasak dalam jumlah banyak, tentu Anda seringkali mendapati makanan sisa yang akan sangat sayang jika harus dibuang. Padahal makanan itu masih bisa dikonsumsi kembali, asalkan disimpan dengan benar.

Masakan Indonesia tradisional maupun masakan western yang terbuat dari daging sapi seringkali masih layak dan enak dikonsumsi kembali jika Anda bisa menyimpannya dengan benar.

Daging yang setelah diolah menjadi berbagai masakan Indonesia praktis akan sangat sayang jika harus dibuang. Jika masih ada masakan daging yang tersisa banyak, biasanya Anda akan menyimpannya di dalam lemari pendingin. Namun, daging sapi yang disimpan di dalam lemari es atau freezer seringkali membuat aroma makanan di dalam lemari es tersebut menjadi campur aduk.

Berikut ada cara menyimpan daging sapi matang di freezer, agar daging tetap layak dan lezat untuk dikonsumsi kembali. Anda bisa menggunakan bungkus daging atau menggunakan alumunium foil untuk membungkus daging sapi. Hal itu akan sangat efekif mencegah makanan terbuang percuma. Bagaimana caranya?

1. Pertama-tama, Anda bisa membungkus daging sapi yang telah Anda masak dengan plastik khusus makanan, seperti plastik yang menggunakan perekat. Daging sapi harus disimpan dalam wadah khusus dan kedap udara.

2. Untuk menyimpan makanan di lemari pendingin, gunakan suhu freezer dengan derajat kurang dari 0 derajat Fahrenheit atau setara dengan -18 derajat Celcius.

3. Gunakan wadah yang memang khusus untuk menyimpan makanan di freezer.

4. Setelah disimpan, jangan mengembalikan suhu daging sapi matang di luar ruangan. Setelah dikeluarkan dari freezer, simpan kembali daging di bagian bawah lemari pendingin atau Anda juga bisa menghangatkan atau mengembalikannya ke suhu normal dengan menggunakan microwave.

5. Setelah dikembalikan ke suhu normal, sebaiknya makanan matang yang menggunakan daging sapi sebagai bahan masakan tersebut tidak kembali dibekukan.

6. Catat tanggal penyimpanan dalam wadah untuk mengingatkan Anda mengenai berapa lama daging sapi telah disimpan dalam lemari pendingin.

Dengan penyimpanan yang benar, masakan Indonesia yang terbuat dari daging sapi biasanya dapat bertahan hingga 2-3 bulan. Jika Anda gemar mengolah daging sapi menjadi berbagai bahan masakan Indonesia,

Sumber: bango.co.id