Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketahui Kandungan Gizi dari 'Sampah' Makanan
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-06-2014 | 12:46 WIB
jeruk_kulit.jpg Honda-Batam
(Foto: vingle.net)

BATAMTODAY.COM - Tanpa disadari, seringkali Anda menyepelekan beberapa bahan makanan dan menganggapnya sampah. Padahal, dalam sisa makanan yang kerap berakhir di tempat sampah tersebut terdapat manfaat kesehatan yang tidak dimiliki bahan utamanya.

Berikut adalah beberapa sampah makanan yang ternyata punya kandungan gizi berlimpah, dilansir Times of India:

Kulit bawang bombay
Kulit bawang kaya akan antioksidan quercetin yang berguna mengurangi tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri. Quercetin juga telah bisa menahan produksi dan pelepasan histamin dan inflamasi, karenanya bisa digunakan sebagai obat penurun panas. Beberapa penelitian menyebutkan, daging yang dimasak bersama bawang bombay, lengkap dengan kulitnya, bisa membantu mengurangi jumlah karsinogen atau zat yang dapat menyebabkan kanker.

Kulit melon
Kulit melon kayak akan sitrulin, asam amino yang berkontribusi pada pelebaran pembuluh darah.  Selain itu, mereka yang punya disfungsi seksual bisa diatasi dengan mengonsumsi kulit melon.

Daun dan batang brokoli
Daun brokoli merupakan sumber baik karotenoid, vitamin A dan vitamin C, dengan jumlah yang jauh lebih tinggi dari jeruk. Sementara batang brokoli mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Kulit jeruk
Tidak hanya buahnya, kulit jeruk juga mengandung sejuta manfaat, seperti kaya akan vitamin serta anecdotal, bahan kimia aktif yang membantu meringankan maag dan gangguan pencernaan. Kandungan vitamin C yang baik membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal infeksi pernapasan. Selain itu kulit jeruk dapat digunakan sebagai pembersi antibakteri yang dapat dpakai menjadi obat nyamuk, dan secara alami memutihkan gigi.

Sumber: VIVAlife