Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terobsesi, Pria Ini Kunjungi 12 Ribu Kedai Kopi
Oleh : Redaksi
Rabu | 21-05-2014 | 12:21 WIB
WINTER_KOPI.jpg Honda-Batam
Winter (kanan), pria yang terobsesi mengunjungi seluruh gerai Starbucks (Facebook/Winterene/VIVAlife)

BATAMTODAY.COM - Winter (42), bisa dikatakan sebagai pria yang punya tujuan hidup tidak biasa. Alasannya, karena pria yang berprofesi sebagai pemrogram komputer itu mendedikasikan hidupnya untuk mengunjungi setiap gerai Starbucks di seluruh dunia. Hingga saat ini, Winter telah mengunjungi 11.676 gerai di 38 negara.

Semua bermula pada tahun 1997. Pada waktu itu, pria asal Houston, Texas, Amerika Serikat, itu merasa jatuh cinta pada gerai kopi populer dari negeri Paman Sam tersebut. Dia pun memutuskan untuk mengunjungi setiap gerai Starbucks guna mendapat pengalaman menyeruput kopi yang berbeda.

Sewaktu Winter memulai proyeknya 7 tahun lalu, hanya terdapat 1.500 gerai Starbucks. Namun kini, untuk menyelesaikan proyek tersebut, Winter harus mengunjungi lebih dari 10 ribu gerai. Total, terdapat hampir 22 ribu gerai Starbucks di seluruh dunia.

"Awalnya, ide mengunjungi gerai-gerai Starbucks hanyalah iseng, namun kini menjadi tujuan hidup," papar Winter, seperti dilansir Daily Mail.

Winter sendiri mengungkapkan, dia tidak yakin bisa mengunjungi seluruh gerai Starbucks yang ada. Terlebih waralaba kopi tersebut terus bertumbuh dan menambah gerai baru setiap tahun. Tapi, Winter bertekad tidak akan berhenti. "Mungkin tidak bisa semua dikunjungi, tapi saya akan terus melakukannya," katanya.

Tercatat, Winter telah menghabiskan lebih dari 100 ribu poundsterling atau setara Rp1,9 miliar untuk mengunjungi gerai Starbucks.

Dia mengungkapkan, Starbucks juga menjadi alasannya untuk keluar rumah dan berkeliling dunia. "Tidak hanya berkunjung ke Starbucks, saya juga bisa melihat dunia dan berjalan-jalan," ungkapnya.

Tapi, Winter punya syarat khusus. Dia harus duduk dan mencoba minimal satu gelas kopi, jika tidak, cabang tersebut belum "lulus" dalam daftar Winter. "Saya harus duduk dan mencoba kopi racikan barista mereka. Setiap gerai punya citarasa berbeda," imbuhnya.

Sejauh ini, Winter menyebut gerai Starbucks di Dudell Street, Hong Kong, sebagai favoritnya. "Saya suka suasananya, juga konsep gerai mereka yang didekorasi bergaya vintage," pungkasnya.

Rekaman perjalanan Winter mengunjungi gerai-gerai Starbucks dia abadikan di situs www.starbuckseverywhere.net.

Sumber: VIVAlife